NEWS, TEKNO  

Ducati dan Ferrari Gandeng Penemu Bahan Bakar Air Asal Cirebon

tekno cirebon
Seorang penemu asal Cirebon bernama Aryanto Misel berhasil menciptakan bahan bakar dari air menjadi bahan bakar minyak untuk menggerakkan mesin kendaraan. Temuan inovatif ini menarik perhatian perusahaan otomotif ternama, seperti Ducati dan Ferrari dari Italia, (Foto: Stanley Joewono/USS Feed).

ZONALITERASI.ID – Seorang penemu asal Cirebon bernama Aryanto Misel berhasil mengejutkan publik tanah air. Ia berhasil menciptakan bahan bakar dari air menjadi bahan bakar minyak untuk menggerakkan mesin kendaraan. Temuan inovatif ini menarik perhatian perusahaan otomotif ternama, seperti Ducati dan Ferrari dari Italia.

Bahan bakar air yang ditemukan oleh Aryanto Misel ini diberi nama Nikuba, yakni singkatan dari ‘Niku Banyu’ yang memiliki arti β€˜Ini Air’. Nikuba memiliki kemampuan untuk mengubah air melalui proses pemisahan hidrogen dan oksigen dari air yang telah dielektrolisis menjadi hidrogen yang dapat digunakan sebagai bahan bakar.

Untuk menjalankan kendaraan bermotor dengan menggunakan Nikuba, perlu dipastikan bahwa air yang digunakan tidak mengandung logam berat.

Cara kerja Nikuba yaitu memisahkan hidrogen (H2) dan oksigen (O2) dari air (H2O) melalui proses elektrolisis. Setelah terpisah dari oksigen, hidrogen kemudian digunakan sebagai bahan bakar pengganti bahan bakar minyak (BBM) di dalam ruang pembakaran kendaraan.

Nikuba dapat membantu mengurangi ketergantungan kita pada sumber daya alam yang terbatas dan berperan penting dalam menjaga keberlanjutan planet kita.

Hasil pengujian membuktikan bahwa hanya dengan menggunakan 1 liter air yang telah diubah menjadi hidrogen melalui proses elektrolisis, kendaraan dapat melakukan perjalanan pulang-pergi dari Cirebon ke Semarang.

Dilansir dari CNN Indonesia, Selasa, 4 Juli 2023, sebelum temuan pria yang dijuluki profesor tanpa gelar itu menggemparkan dunia, Nikuba pernah digunakan pada sepeda motor Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodam III/Slw untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam rangka penyempurnaan inovasi tersebut.

Hingga pada tanggal 18 Juni 2023, pabrikan mobil super car asal Italia, seperti Ferrari dan Ducati, tertarik dengan penemuan ini dan penasaran dengan hasil karya Aryanto. Aryanto Misel diberi kesempatan untuk mempresentasikan Nikuba kepada beberapa produsen otomotif Italia di Milan.

Sebagai pemilik inovasi ini, Aryanto yang berasal dari Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, diminta untuk mengembangkan Nikuba sebagai bahan bakar untuk mobil Ferrari dan sepeda motor Ducati.

Pemilik inovasi ini pun sempat berdiskusi dengan beberapa perusahaan tersebut mengenai kemungkinan jalinan kerjasama internasional antar-kedua belah pihak.

Diskusi panjang dilakukan untuk memperluas informasi seputar kinerja Nikuba dan membuka peluang lebih luas terkait inovasi ini.

Adanya kehadiran Ducati dan Ferrari dalam diskusi dengan Aryanto Misel menunjukkan bahwa betapa pentingnya penemuan ini dalam industri otomotif.

Penemuan Aryanto Misel memiliki potensi besar untuk mengubah industri kendaraan dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan. Kita berharap bahwa temuan ini dapat segera dikembangkan lebih lanjut dan diimplementasikan dalam skala yang lebih luas untuk kepentingan kita semua. (agni fristy)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *