Belajar Tatap Muka, Ini Hasil Survei FSGI kepada Guru

FOTO FSGI 2
Ilustrasi, (Foto: Beritabali.com).

ZONALITERASI.ID – Sebanyak 49,4 persen menyatakan setuju sekolah tatap muka Januari 2021, dan 45,3 persen tidak setuju. Adapun yang menyatakan ragu-ragu sebanyak 5,4 persen.

Fakta itu didapat setelah Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) melakukan survei kepada 6.513 guru dari sejumlah provinsi.

Wakil Sekjen FSGI, Mansur, mengatakan, FSGI juga mencatat sejumlah alasan mengapa para guru-guru tersebut memilih setuju atau tidak setuju sekolah tatap muka dimulai Januari 2021.

Beberapa alasan guru yang setuju antara lain mereka jenuh mengajar PJJ, yaitu sebanyak 22 persen. Sementara mayoritas guru yaitu sebanyak 54 persen setuju karena materi sulit dan praktikum tidak bisa diberikan secara daring.

“Para guru merasakan peserta didiknya pasti mengalami kesulitan untuk mengerjakan materi pelajaran dengan kesulitan tinggi. Karena meteri seperti itu tidak optimal diberikan secara daring, tetapi harus melalui pembelajaran tatap muka, minimal sepekan sekali,” kata Mansur, Minggu (3/1/2021).

“Keinginan siswa dan guru untuk pembelajaran tatap muka tidak berbanding lurus dengan kesiapan sekolah. Baik itu dalam menyediakan infrastruktur maupun sosialisasi protokol kesehatan di sekolah,” tambahnya.

Sementara responden yang menolak buka sekolah mayoritas menilai kasus Covid-19 masih tinggi. Selain itu, guru-guru juga takut tertular jika dilakukan pembelajaran di sekolah. Bagi guru yang sudah berusia di atas 50 tahun, mereka khawatir penyakit penyerta bisa menyebabkan virus Covid-19 menjadi fatal baginya.

“Mayoritas responden memang menolak buka sekolah tatap muka karena masih tinggi kasus. Pandemi belum dapat dikendalikan pemerintah, sehingga mereka sangat khawatir tertular Covid-19. Apalagi untuk guru-guru yang usianya sudah lebih dari 50 tahun dan disertai pula dengan penyakit penyerta seperti diabetes, jantung,” pungkasnya. (des)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *