Pandemi Covid-19: Kemenag – Kemendikbud – KPAI Sepakat Susun Kurikulum dalam Situasi Darurat

covid 19 750x400 1
Ilustrasi, (Foto: Kompas.com).

ZONALITERASI.ID – Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menggelar rapat koordinasi nasional (Rakornas) secara daring, Rabu (29/4/2020).

Rakornas membahas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan ujian akhir sekolah tahun ajar 2019/2020 di tengah pandemi Covid-19.

Kegiatan ini diikuti perwakilan Ditjen Pendidikan Islam dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Rakornas menghasilkan 9 rekomendasi, salah satunya penyusunan kurikulum khusus untuk situasi pandemi Covid-19.

Berikut sembilan rekomendasi yang dihasilkan:

1) Kemendikbud dan Kemenag menyusun dan menetapkan kurikulum dalam situasi darurat.

2) Disdik dan Kanwil Kemenag memastikan bahwa penilaian hasil belajar untuk kenaikan kelas tahun ajaran 2019-2020 memperhatikan keragaman siswa dengan berbagai kondisinya.

3) Pemerintah daerah memberikan bantuan kepada guru-guru honorer yang terdampak Covid-19 di sekolah dan madrasah, baik negeri maupun swasta, berdasarkan pemetaan yang dilakukan oleh Disdik dan Kantor Wilayah Kemenag, termasuk memastikan honorarium dan dukungan kuota internet dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh.

4) Disdik dan Kanwil Kemenag memastikan bahwa selama pemberlakuan Pembelajaran Jarak Jauh saat ini, honorarium di sekolah dan madrasah bagi para guru honorer diprioritaskan untuk dibayarkan secara penuh melalui dana BOS.

5) Menyederhanakan proses administrasi perubahan penggunaan dana BOS yang harus mendapatkan persetujuan Disdik, sebagaimana arahan Mendikbud.

6) Pemerintah daerah perlu melakukan terobosan sesuai kebutuhan dan masalah faktual di daerahnya agar pembelajaran jarak jauh di sekolah dan madrasah tetap berjalan dengan lancar dan ramah anak.

7) Disdik dan Kanwil Kemenag hendaknya melakukan penguatan literasi digital kepada guru, orangtua, dan siswa agar terhindar dari dampak negatif penggunaan internet.

8) Setiap satuan pendidikan penting membangun komunikasi intensif antara orang tua dan guru agar PJJ berjalan efektif dan nyaman untuk semua anak serta memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak.

9) Disdik dan Kanwil Kemenag memberikan perhatian khusus pada proses pembelajaran Jarak Jauh bagi anak disabilitas dan berkebutuhan khusus sesuai dengan keragaman dan kondisi anak.***

Sumber: Kemenag.go.id