ZONALITERASI.ID – Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara (IT PLN) dan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) membuka pendaftaran mahasiswa baru program ikatan dinas. IT PLN dan ULBI merupakan dua perguruan tinggi afiliasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Seperti namanya, IT PLN berafiliasi dengan PT PLN (Persero). Sedangkan ULBI berafiliasi dengan PT Pos Indonesia (Persero). Peserta yang lolos seleksi berkesempatan untuk langsung kerja di BUMN tersebut setelah lulus kuliah.
Berikut informasi seputar pendaftaran mahasiswa baru program ikatan dinas IT PLN dan ULBI.
1. Jalur Kuliah Ikatan Dinas Pos Indonesia
Kesempatan kuliah dengan ikatan dinas di Pos Indonesia dibuka dalam program Beasiswa Penuh & Rekrutmen Calon Pegawai PosIND. Komponen beasiswanya meliputi:
– Gratis uang pangkal (DPP)
– Gratis SPP (uang kuliah per semester) hingga lulus
– Direkrut menjadi pegawai PT Pos Indonesia (Persero) setelah lulus.
Syarat Ikatan Dinas Pos Indonesia 2025 di ULBI
– Usia paling tinggi 25 tahun pada 1 Januari 2025
– Lulusan SLTA/sederjaat 2021, 2022, 2023, 2024, atau 2025
– Nilai Bahasa Indonesia, Inggris, Matematika minimal 7 dari 10 pada ijazah
– Nilai rata-rata rapor semester 1-4 minimal 7 dari 10 bagi siswa kelas 12
– Khusus lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing melampirkan surat penyetaraan dari kementerian
– Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna
Belum pernah menikah secara adat, hukum agama dan negara dan/atau hamil dan/atau melahirkan
– Bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti proses seleksi Penerimaan Calon Pegawai dan selama menjalani pendidikan di ULBI
– Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan
– Bersedia mentaati segala peraturan pada pelaksanaan Program Beasiswa dan Ikatan Dinas Mahasiswa baru ULBI
– Bersedia digugurkan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal antara lain mengkonsumsi dan atau memperjualbelikan narkoba, melakukan tindak kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan) dan melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual
– Dinyatakan gugur apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen
– Memiliki surat elektronik/e-mail dan nomor telepon yang masih aktif dan valid untuk sarana penyampaian perkembangan informasi proses seleksi. Keterlambatan informasi yang diterima oleh peserta diakibatkan kesalahan penulisan alamat e-mail dan nomor telepon yang tidak aktif, mutlak menjadi tanggung jawab peserta.
Jadwal Pendaftaran ULBI Ikatan Dinas 2025
– Pendaftaran, unggah dokumen, seleksi administrasi: 3 Februari-2 Mei 2025
– Tes Potensi Akademik (TPA): 14 Mei 2025
– Psikotes: 27 Mei-4 Juni 2025
– Tes kesehatan: 4-11 Juni 2025
– Wawancara: 12-19 Juni 2025
Biaya Seleksi
– Pendaftaran, seleksi administrasi, TPA: Rp 750- ribu
– Tes kesehatan: sesuai biaya di lab klinik dinas kesehatan/RSUD atau lab klinik Kimia Farma terdekat
– Psikotes dan wawancara: Rp 400 ribu
– Pendaftaran kuliah ikatan dinas PosIND 2025 di ULBI dibuka secara daring di https://admission.ulbi.ac.id
2. Jalur Ikatan Dinas PLN
IT PLN dibuka bagi peserta yang lolos seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Ikatan Kerja PLN. Bagi peserta yang tidak lolos dan menjadi mahasiswa reguler juga berkesempatan direkrut PLN Group jika menjadi 100 wisudawan terbaik di akhir perkuliahan.
Syarat Pendaftaran IT PLN Ikatan Kerja 2025
– Belum menikah
– Bersedia tidak menikah sampai diangkat menjadi pegawai
– Merupakan kelahiran 2004 atau setelahnya untuk program ikatan kerja dan 2001 untuk program reguler
– Nilai rata-rata rapor per semester 1-5 minimal 80
– Mengisi data pada sistem penerimaan mahasiswa baru IT PLN
– Scan/foto KTP
– Bagi yang belum memiliki KTP, sertakan KTA/Kartu Pelajar (dapat menyusul)
– Scan/foto Kartu Keluarga (KK) orientasi
landscape/mendatar (dapat menyusul)
– Scan rapor semester 1-5 bagian pendidikan, dijadikan 1 file format PDF (dapat menyusul)
Prodi asal linier dengan prodi IT PLN
Syarat Dokumen Jika Lolos Seleksi
Jika dinyatakan lolos seleksi, peserta seleksi IT PLN ikatan kerja 2025 harus melengkapi dokumen berikut:
– Scan akte kelahiran orientasi portrait/tegak
– Surat keterangan belum nikah terbaru (tahun 2025) dari kelurahan (bisa menyusul setelah pengumuman kelulusan)
– Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) minimal tingkat Polsek dengan tujuan kuliah di Institut Teknologi PLN orientasi portrait (bisa menyusul setelah pengumuman kelulusan)
– Scan Surat Keterangan Bebas Narkoba orientasi portrait (bisa menyusul setelah pengumuman kelulusan)
– Scan ijazah dan transkrip asli orientasi portrait (bisa menyusul)
– Surat Bebas Buta Warna sesuai https://infopmb.itpln.ac.id/tes-buta-warna/ (bisa menyusul setelah pengumuman kelulusan)
Pendaftaran IT PLN Ikatan Kerja 2025 dibuka mulai 14 Maret-7 Mei 2025 dengan biaya Rp 300 ribu.
Informasi lebih lanjut tentang jalur kuliah ikatan kerja di PLN bisa diakses di https://infopmb.itpln.ac.id/ atau klik LAMAN INI. ***