SMPN 1 Batujajar Juara I STEAM WIDE GAME for Youth Se-Jawa

juara 2
Ilustrasi, (Foto: Istimewa).

ZONALITERASI.ID – SMPN 1 Batujajar, Kabupaten Bandung Barat memboyong juara I Lomba STEAM WIDE GAME for Youth Se-Jawa.

Dalam event yang digelar di SEAMEO QITEP Jalan Diponegoro 12, Bandung, pada Rabu (10/7/2019) itu, tim Science Club SMPN 1 Batujajar yang terdiri dari Hafsyah Siti M, Nadhif Pradifta, Nadia Amna, dan Kayla Nurul menyisihkan SMP IT Tunas Unggul Bandung yang menyabet juara II dan SMP Islam Cendekia Muda Kota Bandung sebagai juara III.

Kepala SMPN 1 Batujajar, Jaka Supriatna, mengatakan, prestasi tersebut diraih berkat daya juang dan bimbingan para guru kepada para siswa.

“Alhamdulillah, kami bangga dan bahagia karena siswa-siswa kami mampu bersaing dan berprestasi dalam bidang sains di wilayah Jawa. Tentunya ini berkat daya juang para siswa dan bimbingan para guru yang selalu berinovasi dalam kegiatan belajar mengajar,” kata Jaka.

Guru pembimbing, Tuti Siti Fajar, mengatakan, dia sangat bersyukur, bangga, dan bahagia bisa mengikuti, membimbing dan akhirnya menjadi juara di ajang ini.

“Menjadi kebanggaan tersendiri bisa mengharumkan nama sekolah di ajang yang diikuti berbagai sekolah dari berbagai daerah ini,” ujarnya.

Salah satu anggota tim Science Club SMPN 1 Batujajar, Kayla Nurul, menuturkan, pengalamannya bertambah selepas mengikuti event itu.

“Alhamdulillah, kami sangat senang dan bangga bisa berpartisipasi dalam kegiatan yang bisa melatih ketangkasan, solidaritas, dan kerja sama antarkelompok di ajang lomba STEAM WIDE ini,” ungkapnya.

Diketahui, STEAM adalah sebuah metode yang belum lama dikenal dan diterapkan dalam pembelajaran. STEAM ini merupakan pembelajaran terapan dengan menggunakan pendekatan antarilmu dengan berfokus pada Science (IPA), Technology (Teknologi), Engineering (mesin), Arts (Seni), dan Math (Matematika) yang dibarengi dengan pembelajaran aktif dan berbasis masalah.

Lomba STEAM WIDE merupakan lomba yang diikuti oleh beberapa siswa dalam bentuk tim dengan berbagai tantangan yang berhubungan dengan sains, teknologi, dan engineering, art (seni), dan matematika pada pos yang berbeda-beda. Setiap siswa harus menyelesaikan tantangan dalam waktu yang sangat terbatas namun tetap aktif dan menyenangkan.(des)***