Begini Cara Melihat Hasil ANBK 2021

d326cebdea1ecef7d00bbde63cfe061f Screenshot 2021 11 15 15 20 57 77
Berbarengan dengan dimulainya ANBK 2022, pengelola pendidikan (pendidik dan tenaga kependidikan) di sekolah tentu ingin memiliki acuan hasil ANBK/Rapor Pendidikan tahun sebelumnya, (Foto: Kemendikbudristek).

ZONALITERASI.ID – Berbarengan dengan dimulainya tahapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022, pengelola pendidikan (pendidik dan tenaga kependidikan) di sekolah tentu ingin memiliki acuan hasil ANBK/Rapor Pendidikan tahun sebelumnya.

Rapor Pendidikan sendiri berisi data kualitas satuan pendidikan atau daerah. Data ini didapat dari Asesmen Nasional dan berfungsi sebagai bahan refleksi serta dasar perencanaan untuk peningkatan kualitas.

Diketahui, Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Dilansir dari laman resmi ANBK Kemendikbudristek, berikut cara melihat Rapor Pendidikan/Hasil ANBK 2021:

-Halaman awal Rapor Pendidikan

-Halaman awal Rapor Pendidikan

-Buka laman https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/app

-Masuk dengan akun belajar.id

Rapor Pendidikan dapat dilihat dengan login menggunakan akun Kepala Sekolah dan Admin satuan pendidikan. Setelah login akan muncul sebuah halaman yang berisi Ringkasan Kualitas Pendidikan Satuan Pendidikan.

Dengan adanya Rapor Pendidikan ini satuan pendidikan bisa merefleksi dan memperbaiki Mutu Hasil Belajar Peserta Didik baik itu Kemampuan Literasi, Kemampuan Numerasi, dan Indeks Karakter. Selain itu, mengetahui Iklim Keamanan dan Inklusivitas di Satuan Pendidikan. (haf)***