Oleh Ipah Latipah, M.Pd.
SEKOLAH merupakan lingkungan kedua dalam pendidikan anak setelah lingkungan keluarga. Lingkungan sekolah semestinya kondusif bagi pertumbuhan kemampuan anak. Iklim kondusif tersebut terwujud dalam berbagai aspek kehidupan sekolah yang tercakup di dalamnya komunikasi interpersonal guru dengan siswa, siswa dengan siswa, siswa dengan fasilitas belajar yang tersedia dan kesempatan-kesempatan untuk mengembangkan prestasi mereka di sekolah. Di sekolah, guru memiliki peranan yang sangat penting dalam konteks perkembangan potensi siswa. Guru di samping sebagai educator, fasilitator, juga harus dapat berperan sebagai komunikator yang efektif dalam proses pembelajaran. Bagi para remaja, pendidikan di sekolah dipandang sebagai lembaga yang cukup berpengaruh bagi terbentuknya konsep yang berkenaan dengan masa depan mereka. Remaja menyadari jika prestasi atau hasil yang dicapai di sekolah itu baik, maka hal itu akan membuka kemungkinan hidup mereka di kemudian hari menjadi cerah, tetapi sebaliknya apabila prestasi yang dicapai kurang baik, maka hal itu dapat berakibat pada gelapnya masa depan mereka. Maka guru dapat berperan aktif dalam mendukung terwujudnya pengalaman berprestasi siswa-siswanya yaitu salah satunya melalui penerapan komunikasi interpersonal yang efektif dengan mereka. Melalui komunikasi inilah dimungkinkan dan diharapkan dapat menjadi perantara dalam mendampingi proses perkembangan prestasi siswa.
[pdfjs-viewer url=”https://zonaliterasi.id/wp-content/uploads/jurnal/Dukung Prestasi Siswa melalui Komunikasi Efektif.pdf” viewer_width=100% viewer_height=700px fullscreen=true download=true print=true]