Good, Pemkab Pangandaran Dapat Penghargaan SPIP dari BPKP Jabar

WhatsApp Image 2023 07 03 at 14.59.44
Pemkab Pangandaran menerima Piagam Penghargaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi dan Manajemen Risiko Indeks Level 3 dari BPKP Jabar, (Foto: Istimewa).

ZONALITERASI.ID Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran menerima Piagam Penghargaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi dan Manajemen Risiko Indeks Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Barat. Penyerahan piagam berlangsung di Aula Setda Cintakarya, Selasa, 27 Juni 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat, Samono, AK, M.M., CFRA., CA., QAI., CGCAE kepada Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata.

Samono menyampaikan selamat sekaligus mengapresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran.

“Saya mengucapkan selamat pada Pemerintah Kabupaten Pangandaran dan jajarannya yang sudah berhasil mencapai maturitas penyelenggaraan SPIP maupun Manajemen Risiko Indeks Level 3. Pangandaran ini sudah masuk ke dalam target yang sudah direncanakan presiden beberapa tahun lalu,” ujar Samono.

Penghargaan tersebut pun langsung disambut oleh Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata.

“Saya yakin dengan kebersamaan dan jalinan yang dibangun kita sudah mencapai titik ini. Level 3 adalah sesuatu yang membanggakan, tetapi juga menjadi motivasi kita untuk bekerja dan selalu melakukan perbaikan dalam membangun Pangandaran Juara,” tuturnya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.60 Tahun 2008, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Kedudukan SPIP sangat penting yaitu dalam mencapai tujuan dan sasaran organisasi serta untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Pimpinan instansi/organisasi harus dapat menerapkan SPIP yang menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya pada unit kerja terkecil tetapi hingga kepada masing-masing individu.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Wakil Bupati Pangandaran, Sekda Kabupaten Pangandaran, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Daerah Kabupaten Pangandaran, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Para Camat, Direktur RSUD Pandega Pangandaran, dan Para Kepala Bagian Lingkup Setda Kabupaten Pangandaran. (des)***

Respon (112)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *