Oleh Rida Rahayu
Abstrak
PEMBELAJARAN merupakan usaha sadar dan terencana yang terjadi antar guru dengan siswa agar keberhasilan proses pembelajaran dapat tercapai. Pembelajaran yang kurang menyenangkan dan monoton menjadi salah satu faktor kesulitan siswa, karena tidak adanya pembelajaran yang bermakna dan tidak ada peran aktif bagi siswa. Penyebab kesulitan belajar tersebut umumnya terjadi karena faktor internal seperti kemampuan intelegensi siwa dalam memecahkan topik masalah yang diberikan guru dan faktor eksternal yang meliputi penggunaan model dan media pembelajaran guru. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penetian ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran biologi dengan menggunakan model PBL pada materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas/PTK (Clasroom Action Research) meliputi tahapperencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas di kelas XII MIPA SMAN 1 Bungursari berjumlah 34 siswa. Data yang dihimpun meliputi penilian pretest dan postest. Hasil penelitan menunjukkan peningktan rata-rata nilai hasil belajar dari nilai 82,7 dipenilaian pretest menjadi 88,4 dipenilaian postest. Hasil ini sesuai dengan nilai N-gain score sebesar 0,33 dengan kategori sedang, ini membuktikan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran mencapai 100%. Hal ini menunjukkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL sangat efektif meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
[pdfjs-viewer url=”https://zonaliterasi.id/wp-content/uploads/jurnal/Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Biologi dengan Menggunakan Model PBL (RIDA RAHAYU).pdf” viewer_width=100% viewer_height=700px fullscreen=true download=true print=true]