Verifikasi Lanjutan Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat, Bupati Pangandaran Tekankan Soal Ini

c8d6efaf 03f0 438c 9c7b 6a96987b62c5
Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata didampingi Wakil Bupati Pangandaran, Ujang Endin Indrawan melakukan zoom meeting terkait Verifikasi Lanjutan Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Pangandaran, (Foto: Istimewa).

ZONALITERASI.ID – Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata didampingi Wakil Bupati Pangandaran, H. Ujang Endin Indrawan melakukan zoom meeting terkait Verifikasi Lanjutan Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Pangandaran, di Aula Setda Kabupaten Pangandaran, Kamis, 20 Juli 2023.

Pelaksanaan verifikasi atau penilaian diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Verifikasi diikuti oleh Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Jawa Barat dan Tim KKS Kabupaten Pangandaran peserta Kota Sehat Tahun 2023.

Pada kesempatan tersebut Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran H. Kusdiana, memaparkan progres Verifikasi Lanjutan Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tingkat Nasional Tahun 2023.

Menurut Jeje, ada beberapa hal yang paling prinsip dihadapi kabupaten pemekaran baru, salah satunya dalam bidang kesehatan.

“Sebuah kabupaten pemekaran baru tentu persoalan mendasar menjadi persoalan yang sangat penting. Pendidikan, infrastruktur, karena kita daerah wisata maka pola kebijakan pengembangan wisata menjadi sangat penting dan pundamen. Tentu yang sedang kita ambil kebijakan yaitu kebijakan dalam bidang kesehatan, itu hal yang pundamen,” tuturnya.

“Tidak hanya sarana dan prasarana dalam meningkatkan kesehatan, melainkan dalam menjaga kesehatan lingkungan. Membuat sehat itu tentu harus dari peningkatan sarana dan pra-sarana terutama dalam menjaga kesehatan lingkungan,” lanjutnya.

Jeje menambahkan, tahapan yang dilakukan untuk menciptakan Pangandaran sehat dari berbagai aspek menjadi arah dan latar belakang Kabupaten Pangandaran

“Seiring dengan berjalannya waktu tentu kami tidak berpikir masuk dalam tahapan mana dan sebagainya tapi bagaimana menciptakan yang sehat. Tentu menjadi arah dan latar belakang Pangandaran yang sehat dari berbagai aspek. Itu kita lakukan terus,” pungkasnya

Diketahui, Kabupaten/Kota Sehat (KKS) adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk. Itu dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Proses verifikasi lanjutan ini menjadi penting bagi Kabupaten Pangandaran dalam upaya meningkatkan kualitas dan layanan kesehatan bagi masyarakat. Keberhasilan Kabupaten Pangandaran dalam mencapai Swasti Saba Wiwerda juga menjadi bukti komitmen dan kerja keras semua pihak dalam menciptakan masyarakat yang sehat, produktif, dan berkualitas.

Dalam Verifikasi Lanjutan Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Pangandaran turut hadir Kepala Dandim 0625 Pangandaran, Ketua TPPKK Kabupaten Pangandaran Hj. Ida Nurlaela Wiradinata, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Pangandaran Hj. Tina Nirmala Indrawan, Kepala SKPD Kabupaten Pangandaran, para camat se-Kabupaten Pangandaran, pejabat lingkup Kabupaten Pangandaran serta Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Jawa Barat dan Tim KKS Kabupaten Pangandaran. (des)***

Respon (49)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *