AJPKM Gelar Workshop Program Pengabdian pada Masyarakat Berbasis Kajian Ilmiah

WhatsApp Image 2023 06 21 at 08.23.34
AJPKM menyelenggarakan Workshop “Program Pengabdian Pada Masyarakat Berbasis Kajian Ilmiah”, di UTC Hotel Bandung, Senin, 19 Juni 2023, (Foto: Humas UIN Bandung).

ZONALITERASI.ID – Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM) menyelenggarakan Workshop “Program Pengabdian Pada Masyarakat Berbasis Kajian Ilmiah”, di UTC Hotel Bandung, Senin, 19 Juni 2023.

Narasumber workshop yaitu Prof. apt. Mochtaridi, Ph.D. (Fakultas Farmasi Unpad); Hidayat Arifin, S. Kep., Ns., M.Kep. (Fakultas Keperawatan Unair; dan Prof. Dr. Ir. Komang G. Wiryawan, Ph.D. (Fakultas Peternakan IPB).

Dewan Pembina AJPKM, Prof. Rajab Ritonga, berharap agar AJPKM aktif berperan dalam menghadapi tantangan dalam pengelolaan jurnal, terutama jurnal pengabdian.

Ia mengajak AJPKM untuk memberikan kontribusi yang lebih besar dalam menjawab kebutuhan masyarakat melalui pengelolaan jurnal pengabdian yang berkualitas.

“Tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada panitia workshop atas usahanya dalam menyelenggarakan workshop ini. Semoga kerja sama ini terus berlanjut dan dapat mengadakan kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya di masa depan,” tegasnya.

Sekjen AJPKM, Rizki Wahyudi, M.Kom., menyampaikan, workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas artikel luaran kegiatan pengabdian serta memberikan wawasan dan pengetahuan tentang penyelenggaraan kegiatan pengabdian berbasis kajian ilmiah.

“Kegiatan ini tidak hanya ditujukan kepada para pengelola jurnal, tetapi juga kepada para penulis artikel jurnal pengabdian. Dalam workshop ini, para penulis artikel jurnal pengabdian juga akan mendapatkan manfaat yang besar dalam meningkatkan kualitas penulisan dan publikasi hasil kegiatan pengabdian,” tuturnya.

Workshop ini menghadirkan tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya. Narasumber pertama, Prof. Mochtaridi, membawakan tema “Penyelenggaraan Kegiatan Pengabdian Berbasis Kajian Ilmiah”. Ia berbagi pengalaman dan pengetahuannya tentang bagaimana mengorganisir kegiatan pengabdian yang didasarkan pada kajian ilmiah yang kuat.

Selanjutnya, Hidayat Arifin menjadi narasumber kedua dengan tema “Penulisan Artikel Ilmiah luaran Kegiatan Pengabdian”.

Narasumber ketiga, Prof. Dr. Ir. Komang G. Wiryawan, membawakan tema “Akreditasi Jurnal Ilmiah”. Sesi ini memberikan pemahaman mendalam tentang proses akreditasi jurnal ilmiah dan pentingnya mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal yang terakreditasi. (des)***

 

Respon (45)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *