Ngumpul di Buper Kiarapayung, 5.000 Penggalang Ikuti Jambore Pramuka Madrasah Jabar

gambar whatsapp 2023 08 13 pukul 140050 1691913062
Kemenag Jabar menggelar Jambore Pramuka Madrasah Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023, di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang pada 11-14 Agustus 2023, (Foto: Istimewa).

ZONALITERASI.ID – Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat menggelar Jambore Pramuka Madrasah Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023, di Bumi Perkemahan (Buper) Kiarapayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, pada Jumat-Senin, 11-14 Agustus 2023.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 5.000 anggota Pramuka Madrasah tingkat Penggalang dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Mereka berasal dari 170 regu Pramuka MI dan 510 regu MTs baik negeri maupun swasta.

Kakanwil Kemenag Jawa Barat, H. Ajam Mustajam, mengatakan, jambore ini merupakan yang pertama kalinya digelar di tingkat madrasah setelah hampir 30 tahun tidak digelar. Terakhir jambore diselenggarakan pada tahun 1994.

“Kini Jambore Pramuka madrasah untuk jenjang madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah bisa dilaksanakan dan menjadi pertama kalinya dalam sejarah,” ungkapnya.

Ajam yang juga menjabat Ketua Majelis Pembimbing Saka Amal Bakti Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, mengajak agar pelaksanaan jambore pramuka diisi dengan penuh rasa cinta sebagaimana tema kegiatan jambore madrasah ‘Ceria Bersama, Mandiri, dan Berprestasi’.

“Mari kita tingkatkan kualitas kepramukaan di madrasah. Lakukan revitalisasi kegiatan pramuka di lingkungan madrasah untuk kualitas pembinaan, pengayaan keterampilan, serta pembenahan organisasi dan manajemen Pramuka Madrasah. Sehingga, ke depan, pramuka di madtrasah terus tumbuh dengan baik,” tandasnya.

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan,  Ohan Burhan, mengatakan, Jambore Pramuka Madrasah Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 digelar untuk menyambut Hari Pramuka ke 62.

“Jambore mengusung tema ‘Ceria Bersama, Mandiri, dan Berprestasi’ serta motto ‘Satyaku Ku Dharmakan Dharmaku Kubaktikan’,” kata Kepala Bidang Penerangan Islam, Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag Jabar serta Ketua Saka Amal Bakti Provinsi Jabar ini.

Diketahui, Jambore Pramuka Madrasah Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 bertujuan untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka penggalang di lingkungan Kemenag Jawa Barat.

Selain itu, meneguhkan komitmen terhadap penghayatan dan pengalaman kode kehormatan Pramuka yaitu Trisatya dan Dasadarma. (des)***

 

 

Respon (28)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *