5 Universitas Top Dunia yang Membuka Jurusan Bahasa Indonesia

About main1.1
University of Washington salah satu kampus yang membuka Jurusaan Bahasa Indonesia, (Foto: Artsci.washington.edu).

ZONALITERASI.ID – Setelah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa resmi UNESCO (Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB), kini banyak universitas dunia yang membuka jurusan bahasa Indonesia.

Universitas mana saja di dunia yang memiliki jurusan bahasa Indonesia? Dilansir dari akun Instagram Schoters, inilah 5 universitas top dunia yang memiliki jurusan bahasa Indonesia.

1. University of Melbourne

Universitas ini memiliki Program Studi Bahasa Indonesia yang dibuka untuk S1 sampai S3 di bawah naungan Faculty of Art. Fakultas ini merupakan fakultas seni dan humaniora terbaik di Australia berdasarkan QS World Ranking 2024.

Mahasiswa yang memilih Program Studi Bahasa Indonesia di University of Melbourne akan diajarkan keterampilan berkomunikasi secara efektif, serta mempelajari kehidupan sosial, politik, budaya hingga industri kreatif yang ada di Indonesia. Lulusan universitas ini akan bergelar Bachelor of Arts.

2. Yale University

Pengajar untuk jurusan ini merupakan orang Indonesia asli. Menurut pihak universitas, belajar Bahasa Indonesia memiliki banyak benefit. Salah satunya dapat memahami budaya timur, barat dan juga Islam dalam satu program.

Yale University yang berdiri pada tahun 1970 juga memfasilitasi mahasiswa dengan forum Indonesia seperti gamelan, seni galeri Indo-Pasifik, dan pusat bahasa.

3. University of Washington

Jurusaan Bahasa Indonesia di University of Washington berada di bawah naungan Departement of Asian Language and Literature untuk program S1 dan S2.

Salah satu program belajar untuk mahasiswa sarjana yaitu Minor in Indonesia yang mempelajari struktur bahasa, kebudayaan, sastra, musik sampai kondisi terkini yang ada di Indonesia. Mahasiswa juga mempelajari karya sastra dari sastrawan Indonesia. Seperti Pramoedya Ananta Toer hingga Chairil Anwar.

4. Tokyo University of Foreign

Universitas yang ada di Tokyo, Jepang ini juga menyediakan Jurusan Bahasa Indonesia. Kampus yang sudah berdiri selama 167 tahun ini terkenal banyak mengkaji bahasa asing termasuk Bahasa Indonesia. Ada 7 program studi asing dalam Fakultas Bahasa dan Budaya. Salah satunya adalah program Southeast Asian Studies yang terdiri dari kelas Bahasa Indonesia.

Tahun pertama dan kedua, mahasiswa akan intensif belajar bahasa dan sejarah-budaya Indonesia. Di tahun ketiga dan keempat akan fokus mendalami bidang sesuai dengan minat mahasiswa.

5. Hankuk University of Foreign

Universitas yang berlokasi di Seoul, Korea Selatan ini telah mengajarkan sebanyak 45 bahasa asing. Meliputi Inggris, Mandarin, Jepang, Spanyol hingga Bahasa Melayu dan Indonesia.

Studi Bahasa Indonesia di kampus ini terdapat di dua departemen yang berbeda. Salah satunya di Department of Malay-Indonesia College of A. (des)***

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *