Beasiswa Chevening 2025, Peluang Kuliah di Inggris

beasiswa chevening 2023
Beasiswa Chevening menjadi salah satu beasiswa incaran pelajar Indonesia. Pendaftaran beasiswa ini dibuka pada akhir tahun 2024 (Foto: edupac-id.com)

ZONALITERASI.ID – Beasiswa Chevening menjadi salah satu beasiswa incaran pelajar Indonesia. Beasiswa Chevening merupakan beasiswa yang dibuka oleh pemerintah Inggris untuk pelajar di seluruh dunia.

Beasiswa ini juga dikenal akan keketatannya. Mengutip dari laman resminya, hanya 2-3% pendaftar yang terpilih sebagai penerima Beasiswa Chevening.

Penerima Beasiswa Chevening akan mendapat bantuan berupa biaya kuliah, biaya tunjangan per bulan, biaya transport ke dan dari Inggris, tunjangan kedatangan, tunjangan keberangkatan pulang, biaya permohonan visa, biaya transport perjalanan untuk menghadiri acara Chevening di Inggris.

Jadwal Pendaftaran Beasiswa Chevening

Mengacu pada pendaftaran Beasiswa Chevening tahun lalu, Beasiswa Chevening 2025 bisa membuka pendaftaran pada bulan November mendatang. Jadi, masih banyak waktu untuk menyiapkan berkas pendaftaran.

Syarat Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening memiliki sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelamar. Berikut adalah persyaratan umum yang harus Anda penuhi untuk memenuhi kriteria kelayakan Beasiswa Chevening:

1. Kewarganegaraan: Anda harus menjadi warga atau penduduk dari salah satu dari lebih dari 160 negara atau wilayah yang memenuhi syarat untuk Beasiswa Chevening. Pendaftar asal Indonesia klik link berikut untuk informasi selengkapnya: https://www.chevening.org/scholarship/indonesia/.
Gelar S1: Anda harus memiliki gelar S1 yang memungkinkan Anda untuk mendaftar untuk program gelar master di universitas UK.

2. Pengalaman Kerja: Anda harus memiliki setidaknya dua tahun pengalaman kerja yang relevan dan dapat diverifikasi. Pengalaman ini harus ditunjukkan dalam bentuk referensi kerja yang disertakan dalam aplikasi Anda.

3. Tawaran Universitas: Anda harus telah menerima tawaran (offer) tidak bersyarat dari universitas di UK untuk program gelar master yang akan Anda ikuti. Cek partner universitas Chevening di link berikut: https://www.chevening.org/partners/.

4. Bahasa Inggris: Anda perlu membuktikan kemampuan berbahasa Inggris yang memadai untuk mengejar studi di Inggris. Ini bisa dilakukan melalui tes bahasa Inggris yang diakui secara internasional seperti IELTS atau TOEFL.

5. Pernyataan Pribadi (Personal Statement): Anda perlu menulis pernyataan pribadi yang menjelaskan mengapa Anda pantas menerima Beasiswa Chevening dan bagaimana Anda berencana menggunakan pendidikan Anda untuk berkontribusi pada perubahan positif di negara asal Anda.

6. Referensi: Anda harus menyertakan dua referensi dalam aplikasi Anda. Referensi ini harus berasal dari individu atau pihak yang dapat memberikan informasi tentang karakter, kualifikasi, dan potensi Anda sebagai calon penerima Beasiswa Chevening.

7. Dokumen Identitas: Anda perlu menyediakan dokumen identitas yang membuktikan kewarganegaraan Anda dan persyaratan kelayakan lainnya yang diperlukan oleh program.

Pemilihan Program Studi

– Para pelamar Beasiswa Chevening diwajibkan untuk memilih tiga pilihan program studi yang berbeda. Ini bisa tiga program studi yang berbeda di institusi yang sama atau tiga program studi serupa di hingga tiga universitas yang berbeda.

– Pemilihan tiga program studi memberikan alternatif jika, atas alasan apa pun, Anda tidak diterima di pilihan program studi pertama Anda.

– Program studi yang Anda pilih harus berfokus pada gelar master yang diajarkan, bukan program penelitian (MRes).

– Program studi tersebut harus dimulai pada semester gugur (biasanya September/Oktober), berlangsung selama setidaknya sembilan bulan, tetapi tidak lebih dari 12 bulan, dan harus mengarah pada gelar master.

– Program studi tersebut harus diselenggarakan di Inggris (UK), dan tidak boleh bersifat paruh waktu, jarak jauh, atau melibatkan lebih dari satu bulan studi di luar UK.

– Beberapa program MBA memiliki batasan biaya yang harus Anda tanggung jika biaya melebihi £22,000.

– Info selengkapnya lihat disini: https://www.chevening.org/scholarships/guidance/courses/

– Anda juga bisa mencari program studi yang memenuhi persyaratan Chevening di link berikut: https://www.chevening.org/scholarships/find-a-course/

Chevening University Partner

Berikut adalah list partner universitas dari Chevening:

1. Imperial College London
2. Loughborough University
3. University of St Andrews
4. University of Strathclyde Glasgow
5. Lancaster University
6. Prifysgol Bangor University
7. University of Huddersfield
8. Jeffrey Cheah Foundation
9. Nottingham Trent University
10. University of Hull
11. Trinity College University of Oxford
12. Cranfield University
13. University of York
14. University of Essex
15. University of Westminster
16. Cymru Fyd Eang Globalwales
17. Newcastle University
18. University of Bath
19. University of Central Lancashire
20. The University of Warwick
21. University of Stirling
22. University of Sussex
23. University of Surrey
24. University of Southampton
25. University of South Wales Prifysgol De Cymru
26. University of Salford Manchester
27. University of Reading
28. University of Nottingham
29. University of Liverpool
30. University of Leeds
31. University of Kent
32. University of Glasgow
33. University of Exeter
34. University of East Anglia
35. University of Dundee
36. University of Birmingham
37. University of Bristol
38. Swansea University Prifysgol Abertawe
39. Dartington Trust
40. Robert Gordon University Aberdeen
41. Queen Mary University of London
42. London School of Economics and Political Science (LSE)
43. Durham University
44. University of Cambridge
45. Cardiff University Prifysgol Caerdydd
46. Bournemouth University
47. Birkbeck University of London
48. Brunel University London

Informasi lebih lanjut mengenai Beasiswa Chevening bisa Anda cek melalui https://www.chevening.org/scholarship/indonesia/.

(des)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *