Ayo Mahasiswa Berwirausaha lewat Program Wirausaha Merdeka

34 Perguruan Tinggi Siap Mengasah Kompetensi Kewirausahaan

wirausaha merdeka 2023
Kemendikbudristek menetapkan sebanyak 34 perguruan tinggi akademik dan perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) Program Wirausaha Merdeka (WMK) Tahun 2023, (Foto: Kemendikbudristek).

ZONALITERASI.ID Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menetapkan sebanyak 34 perguruan tinggi akademik dan perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) Program Wirausaha Merdeka (WMK) Tahun 2023. Pendaftaran program bagi mahasiswa ini dibuka sejak 22 Mei sampai 10 Juli 2023.

Program Wirausaha Merdeka merupakan salah satu implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah jiwa kewirausahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha dan peningkatan daya kerja mahasiswa. Selama belajar di Perguruan Tinggi Pelaksana, mahasiswa akan mendapatkan pendampingan dari praktisi ahli serta akademisi yang memiliki kepakaran di bidang bisnis serta mempraktikkan secara langsung prinsip-prinsip kewirausahaan yang dipelajari, sehingga mereka mendapatkan gambaran holistik tentang bagaimana menjalankan bisnis yang baik.

“Program Wirausaha Merdeka adalah program yang dirancang untuk bisa menumbuhkan wirausaha-wirausaha muda yang tidak didasarkan secara langsung, akan tetapi dengan desain perencanaan yang matang. Harapannya bagian pengajaran lebih jelas dengan berbagai kegiatan penguatan sehingga setelah program selesai, pesertanya bisa diakselerasi untuk mampu membangun wirausahanya secara mandiri,” kata Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Gunani Partiwi, dilansir dari laman Kemendikbudristek, Selasa, 4 Juli 2023.

Menurut Sri, melalui program ini, mahasiswa akan memperoleh kompetensi dasar seperti kemampuan mengidentifikasi dan merespons peluang, kemampuan membuat perencanaan usaha, serta kepercayaan diri dan orientasi yang terarah. Pengalaman belajar selama satu semester tersebut diharapkan menjadi nilai tambah yang sangat bernilai sebagai peningkatan kompetensi mahasiswa.

Dari 34 PTP yang terlibat dalam pelaksanaan Program WMK Tahun 2023, delapan di antaranya merupakan politeknik. Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Beny Bandanadjaja, mengungkapkan, keterlibatan aktif perguruan tinggi vokasi bisa menjadi peluang untuk terus mempertajam dan memperluas kompetensi yang bisa dikuasai oleh mahasiswa dan lulusan vokasi ke depannya.

“Keterlibatan aktif Perguruan Tinggi Vokasi ini bisa menjadi peluang bagi kita untuk memperluas kompetensi lulusan, baik akademik dan vokasi ke depannya. Lulusan vokasi yang biasanya identik dengan satu kepakaran sesuai dengan studi yang diambil, dengan ikut di Program Wirausaha Merdeka kini bisa memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan dunia industri,” terangnya.

Kepala Program Wirausaha Merdeka, Gamaliel Waney, meminta dukungan para pimpinan Perguruan Tinggi untuk ikut mempromosikan dan mendorong sebanyak-banyaknya mahasiswa di perguruan tinggi masing-masing untuk mendaftar dan bergabung ke program Wirausaha Merdeka tahun ini.

“Tentunya, dengan peningkatan jumlah PTP yang terpilih, kami berharap dampak baik dari pelaksanaan Program Wirausaha Merdeka ini juga bisa dirasakan dengan lebih luas lagi oleh seluruh mahasiswa. Kegiatan hari ini selain bertujuan untuk menandatangani dokumen perjanjian kerja sama sebagai dukungan administratif, kami juga berharap kita bisa memperkuat komunikasi, menyamakan persepsi, dan tentunya menjadi langkah awal bagi kita dalam mendukung hadirnya inovasi pembelajaran di perguruan tinggi,” ucapnya.

Untuk pendaftaran Program Wirausaha Merdeka, mahasiswa dapat melakukan registrasi akun di laman resmi program. Informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan Program Wirausaha Merdeka Angkatan 2 tahun 2023 dapat diakses melalui laman wirausahamerdeka.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id. (haf)***

Respon (54)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *