Disdik Kabupaten Ciamis Genjot Program Pendidikan Guru Penggerak

IMG 0425 1024x575 1
Disdik Kabupaten Ciamis mengadakan Lokakarya 6 Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan 7 Tahun 2023, Minggu, 25 Juni 2023, (Foto: Disdik Kabupaten Ciamis).

ZONALITERASI.ID – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis mengadakan Lokakarya 6 Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan 7 Tahun 2023, Minggu, 25 Juni 2023.

Kepala Bidang GTK Disdik Ciamis, Tetet Widiyanti, mengatakan, Lokakarya 6 Program Pendidikan Guru Penggerak memberikan pelatihan bagaimana pengelolaan program dalam pengembangan sekolah.

“Para peserta diharapkan dapat menyusun rancangan program, manajemen resiko, monitoring dan evaluasi dalam mewujudkan sekolah yang tertata dengan baik, dalam manajemen pengelolaan sekolah maupun proses pembelajaran terhadap peserta didik,” ujar Tetet.

“Marilah kita sukseskan Program Guru Penggerak di Kabupaten Ciamis sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia khususnya di Kabupaten Ciamis,” tambahnya.

Diketahui, program Pendidikan Guru Penggerak yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada 3 Juli 2020 merupakan bagian tak terpisahkan dari Merdeka Belajar. Program ini salah satu inovasi Kemendikburistek untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik, melalui program pengembangan keprofesian berkelanjutan (pelatihan dan kegiatan kolektif guru).

Menurut Tetet, program Guru Penggerak bertujuan memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogik kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah yang berpotensi menjadi pemimpin pendidikan untuk mewujudkan rasa aman, nyaman dan bahagia terhadap peserta didik di lingkungan sekolahnya masing-masing.

“Inovasi ini dimaksudkan untuk menciptakan pendidik yang hebat, yang selalu berkarya, berinovasi dan memiliki kreativitas di atas rata-rata. Sehingga melalui guru penggerak inilah diharapkan akan melahirkan peserta didik yang tidak hanya cerdas tapi juga kreatif, inovatif dan berkepribadian baik sebagai generasi unggul dimasa depan,” ujarnya.

Selanjutnya, sambung Tetet, melalui program guru penggerak ini, pendidik dituntut dapat meningkatkan kompetensinya sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, serta mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik, aktif dan proaktif dalam kegiatan belajar mengajar.

“Guru penggerak juga diharapkan dapat menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila sebagai perwujudan pelajar indonesia yang memiliki semangat belajar sepanjang hayat, memiliki kompetensi global, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila,” pungkasnya. (des)***

Respon (49)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *