Inilah 3 Prodi Teknik Geodesi Terbaik di Indonesia

60642 620
Prodi Teknik Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB), salah satu kampus yang memiliki Prodi Teknik Geodesi terbaik di Indonesia, (Foto: Tempo.co).

ZONALITERASI.ID – Jurusan Teknik Geodesi terdengar asing bagi sebagian orang. Program studi (Prodi) ini memang tidak sepopuler jurusan seperti Kedokteran, Ekonomi, Hukum, dan lainnya. Meski begitu, sejumlah perguruan tinggi di Indonesia telah memiliki jurusan ini.

Teknik Geodesi sendiri adalah cabang ilmu geologi yang mempelajari tentang pengukuran serta perepresentasian dari bumi dan benda-benda langit.

Ada 3 kampus populer dengan Prodi Teknik Geodesi terbaik di Indonesia. Semuanya memiliki akreditasi Unggul dari BAN-PT.

Mengutip laman ITB, UGM, dan Undip, berikut ini 3 kampus populer dengan Prodi Teknik Geodesi terbaik di Indonesia.

3 Kampus dengan Prodi Teknik Geodesi Terbaik di Indonesia

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Prodi Teknik Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB) berdiri pada 1950. Prodi ini sempat menjadi bagian dari Departemen Sipil sebelum akhirnya menjadi departemen tersendiri. Nama program studi berubah menjadi Teknik Geodesi dan Geomatika sejak 2003.

Prodi Teknik Geodesi dan Geomatika ITB memiliki akreditasi Unggul BAN-PT.

Lulusan ProdiĀ  Teknik Geodesi dan Geomatika ITB bisa bekerja di berbagai bidang yang memerlukan informasi geospasial, mulai dari proses akuisisi (survei dan pemetaan), pembangunan sistem informasi, hingga layanan masyarakat di berbagai instansi pemerintah.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Prodi Teknik Geodesi Universitas Gadjah Mada (UGM) mendapat akreditasi Unggul BAN-PT. Lulusan Prodi Teknik Geodesi UGM diharapkan bisa menerapkan serta mengembangkan iptek yang berbasis pada peralatan modern geodesi dan geomatika, seperti melakukan survei, pengukuran variabel geodesi, hingga mengolah data informasi kebumian untuk kepentingan penyusunan sistem informasi.

Alumni prodi ini bisa bekerja di berbagai sektor, termasuk lembaga pemerintah seperti Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, dan lainnya.

3. Universitas Diponegoro (Undip)

Berdirinya Prodi Teknik Geodesi Universitas Diponegoro (Undip) didasarkan pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.3774/D/T/2004 yang ditetapkan pada tanggal 15 September 2004.

Prodi Teknik Geodesi Universitas Diponegoro memiliki predikat Unggul. Adapun predikat ini berlaku sejak 30 Mei 2022 hingga 31 Mei 2025.

Lulusan Prodi Teknik Geodesi Undip dibutuhkan di berbagai sektor pekerjaan, termasuk di lingkup Instansi Pemerintah. Di antaranya seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan lainnya. Sedangkan di sektor swasta, terdapat seperti Konsultan Perencana, Perusahaan Minyak dan Gas Bumi (Nasional atau Asing), Perusahaan Pertambangan, Perusahaan Properti dan lain-lain.

Itulah sejumlah kampus populer dengan Prodi Teknik Geodesi terbaik di Indonesia. (haf)***

Respon (46)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *