Jangan Asal-asalan, Inilah Tips Memilih Kos Mahasiswa yang Nyaman

kos kosan dekat itb jatinangor 43
Kos menjadi tempat tinggal utama mahasiswa selama kuliah di luar kota. Karena itu mencari kos yang tepat mutlak dilakukan agar proses kuliah menjadi lancar, (Foto: Fuad Hasyim/Detikcom).

ZONALITERASI.ID Kos menjadi tempat tinggal utama mahasiswa selama kuliah di luar kota. Karena itu mencari kos yang tepat mutlak dilakukan agar proses kuliah menjadi lancar.

Tips memilih kos ini harus menjadi perhatian calon mahasiswa yang kuliah di luar kota. Banyak mahasiswa yang memilih lokasi kuliah mereka di luar kota asalnya. Tentunya aat memilih rumah  kos jangan asal-asalan. Karena kos-kosan akan menjadi tempat tinggal utama mahasiswa selama kuliah.

Berikut ini 8 tips memilih rumah kos untuk mahasiswa.

8 Tips Memilih Rrumah Kos untuk Mahasiswa

1. Periksa Lokasi Rumah Kos

Salah satu hal terpenting dalam memilih rumah kos adalah lokasi. Jarak ideal ke kampus minimal 2-4 km. Namun, jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi, mencari kos terdekat adalah pilihan yang tepat. Sekitar 500 meter dari kampus. Selain itu, lokasi yang direkomendasikan juga strategis dan dekat dengan keramaian.

2. Cek Fasilitas yang Tersedia

Beberapa fasilitas selama di kos, terutama wifi sangat dibutuhkan mahasiswa. Untuk itu, tanyakan kepada pemilik kos, apakah tersedia wifi? Tidak hanya itu saja, bagaimana listrik dan airnya? Semua hal harus ditanyakan secara detail. Agar, tidak ada permasalahan nantinya setelah kamu melakukan pembayaran di kos tersebut.

3. Cek Lingkungan Kos Aman atau Tidak

Pilihlah rumah kos yang memiliki lingkungan asri, tentram dan nyaman. Dengan lingkungan tersebut, akan membantu agar lebih bisa tenang dalam beristirahat. Sebaliknya, jika kamu memilih lingkungan yang salah maka akan membuat istirahat  kurang nyaman.

4. Harga Sewa Sesuai Kebutuhan

Sebaiknya, memilih kos tidak harus terlalu boros. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu saat belajar. Pastikan juga harga yang diiklankan sesuai dengan kualitasnya.

5. Gunakan Sumber Terpercaya

Sebelum era digital saat ini, mahasiswa sering menggunakan kenalan dan dari mulut ke mulut ketika mencari tempat tinggal seperti kos-kosan. Ketika mahasiswa memasuki era digital, jumlah informasi yang tersedia di Internet membantu mereka lebih banyak.

Dengan begitu banyak informasi di internet, kamu harus sedikit berhati-hati saat membuat pilihan. Jika kamu ingin mengunduh aplikasi serupa, pilih situs web yang sudah dapat dipercaya dan lihat ulasan penggunanya. Selain itu, periksa juga detail kontak pemilik.

6. Perhatikan Kamar Mandi

Saat memilih kost-kostan jika memungkinkan, kamar mandi harus menjadi pertimbangan pertama. Karena kamar mandi merupakan area yang perlu diperiksa terlebih dahulu. Pastikan kamar mandi dalam kondisi baik. Jika kotor, berdebu, dan ditumbuhi lumut, tidak layak untuk dipilih. Sebaliknya, pilihlah kosan dengan kamar mandi yang layak.

7. Cek Ukuran Kamar

Sebaiknya, pilih ukuran kamar dengan ukuran minimal 3 x 3. Ukuran tersebut sudah sangat layak untuk digunakan. Ukuran ini juga layak jika teman kamu main untuk mengerjakan tugas bersama. Jadi, pastikan kamu mengecek ukuran tempatnya terlebih dahulu.

8. Cari Informasi Penghuni dan Bapak/Ibu Kos

Cari tahu tentang siapa saja penghuni rumah kos. Apakah tipe kos campuran jenis kelamin atau jenis kelamin tertentu. Bahkan lebih baik untuk mempertimbangkan pro dan kontra dan melibatkan orang tua dalam pengambilan keputusan. Penting juga untuk mencari informasi rumah kos dan pemilik rumah kos. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan atau di luar kendali. (des/berbagai sumber)***

Respon (41)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *