Kantin SMKN 1 Ciamis Punya Sertifikat BPOM, Terapkan Syarat Kesehatan secara Ketat

FOTO SEKOLAH 13
Kantin di SMKN 1 Ciamis memiliki sertifikat dari BPOM, (Foto: galuh.id).

ZONALITERASI.ID Ada yang istimewa di SMK Negeri 1 Ciamis. Sepuluh kantin yang ada di sekolah ini memiliki sertifikat BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). 

Bukan tanpa alasan jika sekolah peraih juara I kategori sekolah dengan Kinerja Terbaik (Best Performance) pada ajang Sekolah Sehat Berkarakter Tingkat Nasional Tahun 2019 itu berupaya keras meraih sertifikat dari BPOM.

“Hal ini untuk menjaga makanan yang dijajakan kepada siswa dan warga sekolah. Semua makanan dijamin sehat dan sarat dengan gizi. Sementara pengelola kantin sendiri sebagian adalah istri dari pegawai TU (Tata Usaha) yang masih berstatus honorer dan sebagian lagi istri dari penjaga sekolah,” kata Kepala SMKN 1 Ciamis, Dra. Hj. Ika Karniati Sardi, M.pd, dikutip dari Galuh ID, Minggu, 21 Mei 2023.

“Pengelolaan kantin ini sengaja kami berikan kepada istri-istri TU dan penjaga sekolah. Kami ingin membantu secara ekonominya. Dan tentunya setelah diberikan fasilitas kantin, semuanya harus sesuai ketentuan yang berlaku,” sambungnya.

Lanjut Ika, kantin di SMKN 1 Ciamis menerapkan persyaratan kesehatan secara ketat. Untuk menjamin syarat itu, SMKN 1 Ciamis menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis.

“Semua kantin di SMKN 1 Ciamis dicek oleh Dinas Kesehatan setiap satu bulan sekali. Itu untuk menghindari makanan yang tidak sehat yang mengakibatkan keracunan makanan,” tuturnya.

“Kami mendidik hidup sehat kepada semua siswa, dimulai dari sekolah. Nantinya, ketika di luar sekolah terbiasa hidup sehat. Lebih jauhnya lagi, siswa bisa mengajak ke keluarga dan teman-temannya di luar sekolah untuk hidup sehat,” imbuh Ika.

Ditambahkannya, untuk merealisasikan visi SMKN 1 Ciamis yaitu Lingkungan Sehat, Pribadi Hebat, Prestasi Melesat, harus dilakukan melalui langkah konkret.

“Kami harus ciptakan sendiri inovasi-inovasi untuk kebaikan siswa SMKN 1 Ciamis,” pungkas Ika.

Salah satu siswa SMKN 1 Ciamis, Eka, merespon positif langkah sekolah dalam menjamin kesehatan di kantin sekolah.

“Sangat bagus, soalnya kan kami (siswa) juga belajar hidup sehat. Itu bisa dibiasakan dari sekarang. Saya berharap semua kantin setiap sekolah menyajikan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi dan memiliki sertifikat dari BPOM,” tuturnya. (des)***

Respon (112)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *