Menengok Festival Film Montaj 2023 di Prodi Televisi dan Film Unpad

humas unpad montaj
Mahasiswa Prodi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad menggelar Festival Film bertajuk “Movie Event Padjadjaran” (Montaj), (Foto: Humas Unpad).

ZONALITERASI.ID Mahasiswa Program Studi (Prodi) Televisi dan Film Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad menggelar Festival Film bertajuk “Movie Event Padjadjaran” (Montaj). Acara yang dihelat di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad itu berlangsung pada 23-27 Juni 2023.

Project Officer Montaj 2023, Dhaffa Attoriq, menuturkan, Montaj digelar sebagai bentuk apresiasi dan wadah premiere terhadap karya-karya para sineas muda.

“Montaj tidak hanya sekadar festival film, namun sebuah perjalanan emosional dalam berpartisipasi terhadap pemaknaan film sebagai medium kita berkomunikasi. Kami berharap, festival ini mampu memperdengarkan suara baru para sineas muda yang akan menjadi wajah untuk masa depan industri film Indonesia,” ujar Dhaffa, dikutip dari laman Fikom Unpad, Minggu, 9 Juli 2023.

Menurut Dhaffa, Festival Film Montaj yang mengusung tema “New Voice” ini digelar selama empat hari.

Dalam kegiatan screening, Montaj tidak hanya menyaksikan film, tetapi mereka juga berdiskusi secara langsung dengan para filmmaker-nya dalam sesi talkshow.

Lalu, selama penyelenggaraan, Montaj 2023 mengangkat sejumlah tema pada tiap rangkaiannya. Pada hari pertama, screening bertema “Indonesia Tempo Doeloe” menampilkan film dokumenter berjudul Segudang Wajah Para Penantang Masa Depan karya I Gde Mika dan Yuki Aditya.

Di hari kedua Montaj menampilkan berbagai karya dari Bandung dalam screening bertema “Warna Bandung Raya” dan film-film karya mahasiswa Televisi dan Film FIKOM Unpad pada “Orangers’ Showcase”.

Kemudian, pada hari ketiga Montaj merupakan hari yang khusus dipersembahkan untuk menjadi pemutaran perdana bagi karya-karya mahasiswa Televisi dan Film angkatan 2020 dalam screening “Prod. 2020”.

Selain screening, Montaj juga menghadirkan sejumlah tokoh penting di industri film sebagai pembicara. Pembicara pertama, Umi Lestari seorang kritikus film membagikan wawasannya tentang intervensi artistik pada sejarah film Indonesia pada public lecture yang mengusung tema “Artistic Influence Throughout Indonesian Cinema”.

Sementara itu, pembicara kedua masterclass bertajuk “Following the Stream of Movie Distribution” bersama Ivan Pratama selaku Head of Content Bioskop Online yang berbagi pengalamannya dalam pendistribusian film pendek ke platform streaming.

Montaj 2023 juga membuka ruang bagi komunitas pencinta film untuk saling bercengkerama pada “Community Forum: Camera, Rolling, Connect” dengan menghadirkan Gorivana Ageza dari komunitas Bandung, Bahasinema.

Montaj menutup rangkaian kegiatan dengan awarding night yang diselenggarakan di Aula Moestopo. Sejumlah penghargaan diberikan untuk mengapresiasi kerja keras para sineas muda mahasiswa Televisi dan Film dalam Produksi 2020, salah satu penghargaan untuk Film Terbaik. Diraih oleh Dhaffa Attoriq pada film “Mandeh”. (haf)***

Respon (51)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *