Prodi Ekonomi Syariah UIN Bandung Gelar Kompetisi Business Plan dan Economic Comedian

667c3d5d 0ec2 4be1 9459 82c49d44ede4
Prodi Ekonomi Syariah UIN SGD Bandung berusaha menggali potensi, minat, dan bakat para mahasiswa dan masyarakat melalui kompetisi Business Plan dan Economic Comedian, Selasa, 12 September 2023, (Foto: Humas UIN Bandung).

ZONALITERASI.ID – Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), UIN SGD Bandung berusaha menggali potensi, minat, dan bakat para mahasiswa dan masyarakat melalui kompetisi Business Plan dan Economic Comedian, yang digelar di Aula FEBI, Selasa, 12 September 2023.

Kompetisi ini merupakan rangkaian 1st InSefia (Innovating of Sharia Economic Festival) 2023, setelah melakukan Pelatihan dan Pendampingan 100 pelaku usaha di Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu.

“Kompetisi ini menjadi wadah untuk menggali potensi, minat dan bakat mereka terkait isu-isu ekonomi dan bisnis,” ujar Ketua Prodi Ekonomi Syariah Dr. Muhammad Hasanuddin, M.Ag, didampingi Sekretaris Dr. Evi Sopiah, M.Ag.

Dalam lomba Business Plan, para peserta (mahasiswa dan masyarakat) mempresentasikan rencana bisnis melalui dokumen tertulis. Mereka memproyeksikan keseluruhan informasi mengenai bisnis yang dijalankan, baik strategi pemasaran dan penjualan secara detail, income dan outcome bisnis, kondisi keuangan, maupun informasi lainnya.

“Fungsi business plan ini menjadi acuan bagi pebisnis untuk mencapai tujuan jangka panjang. Selain itu, business plan dapat menggambarkan apakah bisnis tersebut layak dan mampu menghadapi segala tantangan di masa depan,” ucapnya.

“Untuk Ekonomic Comedian, kita dari pihak kampus mencoba untuk tidak tegang, perlu relaksasi. Terutama dalam menyikapi keadaan ekonomi yang sedang tidak baik-baik saja, yang ditandai dengan lonjakan harga-harga pangan, tekanan imflasi, dan lain-lain, yang membuat masyarakat menjadi stres,” tambah Hasanuddin.

Dari hasil lomba Business Plan, tim Boshnet (mahasiswa UIN Walisongo Semarang) berhasil menjadi pemenang (juara 1); sedangan tim Halova dan tim Bali (mahasisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung) harus puas pada posisi kedua dan ketiga.

Sementara Economic Comedian dimenangkan oleh Maki Mubarok (pengelola rental computer), Runner Up diraih oleh Iqbal Tsani (mahasiswa Prodi Manajemen Haji dan Umrah UIN Bandung), dan juara favorit diraih oleh Saleh Paembonan (dosen Olahraga STKIP Pasundan). (des)***

Respon (46)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *