Pendaftaran SMMPTN-Barat 2024 Dibuka, Seleksi Masuk ke 25 PTN dengan 890 Prodi

ketua bks ptn barat prof dr muryanto amin ssosmsi tengah iha 69if
Ketua BKS PTN-Barat Prof. Muryanto Amin, (tengah) menyampaikan ada 25 PTN yang tergabung dalam SMMPTN-Barat 2024, (Foto Mesya/JPNN.com).

ZONALITERASI.ID – Pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Konsorsium Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat tahun 2024 (SMMPTN-Barat 2024) dibuka mulai 4 Mei sampai 20 Juni 2024. Adapun untuk jadwal ujian akan dilaksanakan pada 27 Juni hingga 5 Juli 2024.

Tahun ini ada 25 PTN yang tergabung yang terdiri atas PTN umum, PTN Seni, dan PTN Agama Islam.

“Seleksi mandiri ini merupakan kegiatan yang telah dilaksanakan secara bersama perguruan tinggi wilayah Barat Indonesia meliputi perguruan tinggi negeri di pulau Sumatera, wilayah barat pulau Jawa, dan Provinsi Kalimantan Tengah,” kata Ketua BKS PTN-Barat, Prof. Muryanto Amin, dilansir dari JPNN.com, Rabu, 8 Mei 2024.

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) ini menuturkan, konsorsium PTN yang tergabung pada seleksi mandiri sebagaimana diatur legalitasnya oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia melalui Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 dan perubahan terakhir Permendikbudristek Nomor 62 Tahun 2023. Peraturan itu memberikan peluang seleksi masuk perguruan tinggi setelah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

“Untuk seleksi mandiri sendiri bisa dilakukan secara mandiri masing-masing PTN atau bersama seperti yang dilaksanakan panitia SMMPTN-Barat ini sejak 2017,” terang Prof. Muryanto.

Menurutnya, Konsorsium BKS PTN wilayah Barat ini juga bukan sebuah representasi PTN yang statis dan permanen. Setiap tahun selalu ada perubahan PTN yang bergabung berdasarkan kesepakatan yang disetujui pada tahun tersebut.

Dia menyebutkan untuk tahun ini ada 25 PTN yang tergabung (PTN umum, PTN Seni, dan PTN Agama Islam). Ke-25 PTN tersebut adalah:

1. Universitas Syiah Kuala
2. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
3. Universitas Bengkulu
4. Universitas Jambi
5. Institut Seni Indonesia Padangpanjang
6. Universitas Palangka Raya
7. Universitas Malikussaleh
8. Universitas Maritim Raja Ali Haji
9. Universitas Bangka Belitung
10. Universitas Teuku Umar
11. Institut Teknologi Sumatera
12. Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
13. Universitas Samudra
14. Universitas Riau
15. Universitas Siliwangi
16. Universitas Sumatera Utara
17. Universitas Andalas
18. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
19. Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
20. Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidimpuan
21. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung
22. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
23. Universitas Singaperbangsa Karawang
24. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
25. Universitas Negeri Padang

890 Prodi

Sekretaris Pokja, Prof. Supriyanto, menyebutkan, ada lebih 890 program studi (prodi) yang didaftarkan oleh 25 PTN itu untuk seleksi mandiri ini dengan total daya tampung 16.564. Detail prodi-prodi yang ditawarkan bisa diakses pada laman smmptnbarat.id untuk setiap PTN. Demikian pula tentang besaran Iuran Pengembangan Institusi (IPI) yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa di setiap PTN juga beragam.

Ia menyebutkan, biaya pendaftaran SMMPTN Barat 2024 ini adalah Rp 375 ribu yang berlaku sama untuk semua pilihan, baik pilihan prodi sain dan teknologi (saintek) atau sosial-humaniora. Untuk ujian masuk sistem seleksinya sendiri adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau Computer Assisted Test (CAT).

“Untuk yang memilih prodi seni dan olahraga, ada penambahan penilaian yaitu protofolio berupa dokumen prestasi dan sertifikat selama menjadi siswa yang harus dilampirkan saat melakukan pendaftaran, ” ucapnya

Berbeda dengan penilaian UTBK yang dilakukan dengan parameter yang sama, untuk penilaian portofolio dikembalikan ke PTN yang memiliki prodi olahraga dan seni-humaniora.

Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbudristek, Abdul Haris, mengapresiasi langkah BKS Barat yang telah berinisiatif mengadakan seleksi nasional jalur mandiri dan diikuti 25 perguruan tinggi. Ternyata BKS Barat memiliki komitmen bekerja bersama dan sudah berlangsung sejak 2017, bahkan pesertanya bertambah terus. (des)***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *