6 PTN Ini Masih Buka Seleksi Jalur Mandiri di Bulan Juli

ilustrasi universitas 155
Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih membuka pendafataran untuk seleksi jalur mandiri pada bulan Juli 2023, (Foto: Istimewa).

ZONALITERASI.ID Bagi calon mahasiswa baru yang gagal pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau Seleksi Nasional Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023, beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih membuka pendafataran untuk seleksi jalur mandiri.

Seleksi jalur mandiri bisa menggunakan sertifikat prestasi dan sertifikat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) calon mahasiswa. Adapun saktu seleksi jalur mandiri di PTN akan selesai pada bulan Juli 2023.

Berikut ini daftar PTN yang masih membuka seleksi jalur mandiri untuk calon mahasiswa baru tahun 2023.

PTN yang Masih Membuka Seleksi Jalur Mandiri

1. Universitas Indonesia (UI)

Melansir laman UI, pendaftaran SIMAK UI tahun ini dibuka hingga tanggal 6 Juli 2023, Jalur mandiri SIMAK UI ini bisa tersedia untuk pilihan program sarjana dan vokasi.

Masing-masing pendaftar SIMAK UI bisa memilih maksimal 2 prodi D3, 2 prodi D4, 3 prodi S1 reguler, dan 3 prodi S1 non-reguler. Biaya pendaftaran SIMAK UI ini sebesar Rp500 ribu.

Setelah melakukan pendaftaran, peserta SIMAK UI akan mengikuti ujian yang berlangsung pada 9 Juli 2023. Untuk pengumuman SIMAK UI 2023 ini akan diberitahukan pada 21 Juli 2023 pukul 16.00 WIB.

2. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Dilansir dari laman SPMB Unsoed, pendaftaran seleksi mandiri Non UTBK masih dibuka hingga 14 Juli 2023. Sedangkan untuk seleksi mandiri jalur UTBK telah ditutup pada 28 Juni 2023 lalu.

Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin mengambil program sarjana kelas internasional dan diploma. Komponen penilaian pada jalur ini antara lain nilai rapor SMA/sederajat semester 1 – 6, prestasi akademik atau non akademik serta pengalaman organisasi atau kepanitiaan di dalam maupun luar sekolah.

Calon mahasiswa bisa melihat syarat lengkapnya dan melakukan pendaftaran seleksi mandiri jalur non UTBK Unsoed ini melalui laman https://pendaftaran.spmb.unsoed.ac.id/.

3. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Tiga dari empat jalur seleksi Unnes masih membuka pendaftaran mahasiswa baru hingga saat ini. Ketiga jalur tersebut antara lain Seleksi Mandiri Reguler, Seleksi Mandiri UTBK, dan Jalur Kelas Internasional gelombang 2.

Mengutip laman Unnes, Seleksi Mandiri Reguler bisa dipilih calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar program S1 dan D3. Peserta seleksi ini nantinya akan mengikuti tes berbasis komputer dan penilaian portofolio oleh Unnes. Pendaftaran jalur ini dibuka hingga 9 Juli 2023.

Sementara jika memilih Seleksi Mandiri UTBK, peserta tidak perlu mengikuti tes yang diadakan Unnes, namun cukup menggunakan nilai UTBK SNBT 2023. Jalur seleksi ini pun dapat dipilih untuk calon mahasiswa S1 dan D3. Pendaftaran masih dibuka hingga 6 Juli 2023.

Adapun Jalur Kelas Internasional hanya diperuntukkan bagi yang akan memilih program S1. Gelombang 1 seleksi jalur ini sudah ditutup pada 9 Juni 2023 lalu, sedangkan untuk gelombang 2 masih terbuka hingga 9 Juli 2023.

4. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Unesa masih membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru untuk bisa masuk ke kampusnya lewat jalur seleksi mandiri. Beberapa jalur seleksi mandiri yang masih buka antara lain TMUBK PSDKU Magetan (7 Juli 2023), TMUBK Disabilitas (11 Juli 2023), dan SMBUK Sarjana (11 Juli 2023).

5. Universitas Negeri Malang (UM)

UM masih membuka pendaftaran seleksi mandiri jalur Tes Masuk Berbasis Komputer (TMBK). Waktu terakhir pendaftaran jalur seleksi ini yakni tanggal 9 Juli 2023.

Selain itu, seleksi mandiri UM yang masih dibuka juga adalah jalur Kemitraan yang akan ditutup pada 31 Juli 2023. Biaya pendaftaran kedua jalur tersebut dikenakan sebesar Rp 300 ribu. Pendaftaran bisa dilakukan secara online lewat laman https://seleksi.um.ac.id/app/.

6. Universitas Andalas (Unand)

Seleksi mandiri Unand yang masih buka pada bulan ini adalah SIMA Kerja Sama dan SIMA Penyandang Disabilitas yang akan ditutup pada 12 Juli 2023. Biaya pendaftaran SIMA Kerja Sama yakni sebesar Rp 350 ribu untuk 2 pilihan prodi dan Rp 500.000 untuk 4 pilihan prodi.

Sementara biaya pendaftaran SIMA Penyandang Disabilitas yakni sebesar Rp 350 ribu Pendaftaran seleksi mandiri Unand tersebut bisa dilakukan lewat laman https://pmb.unand.ac.id/.

Itulah sejumlah PTN yang masih membuka seleksi jalur mandiri bagi calon mahasiswa baru di bulan Juli 2023. Sahabat Zonaliterasi yang belum lolos SNBP dan SNBT jangan patah semangat. Mudah-mudahan kamu bisa menggapai impian kuliah di PTN melalui jalur mandiri. (des) ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *