Global Santri Fest, Peluang Santri Belajar di Amerika Serikat

20240509 163756
Melalui Global Santri Fest para santri memiliki peluang kesempatan untuk belajar di Amerika Serika, (Foto: Kedubes AS di Jakarta).

ZONALITERASI.ID – Para santri memiliki kesempatan untuk belajar di Amerika Serikat. Peluang itu hadir melalui kerja sama antara Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), Kementerian Agama (Kemenag) RI, dan organisasi anak muda Santri Mengglobal.

Para santri dapat mengakses peluang itu dalam gelaran bertajuk ‘Global Santri Fest 2024’, di Jakarta, pada Sabtu, 11 Mei 2024.

“Global Santri Fest menunjukkan komitmen kami dalam mendukung generasi muda Indonesia, memberikan kesempatan yang lebih luas untuk mengakses pendidikan berkualitas tinggi,” kata Direktur Kantor Pertumbuhan Ekonomi dan Pendidikan USAID Indonesia, Farhad Ghaussy, dalam siaran pers, Kamis, 9 Mei 2024.

Menurutnya, festival tersebut akan memberikan informasi praktis bagi para santri Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat melalui beasiswa. Melalui beasiswa, generasi muda Indonesia akan menemukan jalan menuju pendidikan di AS.

Pada Global Santri Fest 2024, lanjut Farhad, pelajar dan peserta lainnya akan mempelajari berbagai beasiswa yang tersedia untuk belajar di Amerika Serikat, seperti program dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA).

“Peserta juga akan mendapat ilmu mengenai Dana Abadi Pesantren, Beasiswa Indonesia Bangkit, Beasiswa Pendidikan Indonesia Kader Ulama Masjid Istiqlal, Kader Ulama Perempuan, dan the Humphrey Fellowship Program,” ujarnya.

“Selain informasi terperinci tentang beasiswa, festival juga menawarkan temu wicara dan sesi tatap muka tentang persyaratan penerimaan universitas di AS, cara menulis esai, dan langkah-langkah penting lainnya untuk mendapatkan beasiswa. Alumni universitas di Amerika juga akan berbagi wawasan mengenai pertimbangan budaya, biaya hidup, dan prospek pascakelulusan,” tambah Farhad.

Program Khusus untuk Santri

Pendiri Santri Mengglobal, Dito Alif Pratama, menuturkan, Global Santri Fest merupakan program khusus yang diperuntukkan bagi pelajar dan murid mahasiswa/i, khususnya yang berasal dari komunitas Santri Indonesia. Tujuannya adalah untuk menjajaki peluang pendidikan di Amerika Serikat.

“Kami berharap bahwa acara ini tidak hanya memberikan informasi berharga tetapi juga menginspirasi generasi muda Indonesia untuk mengejar impian pendidikan mereka di universitas-universitas di Amerika Serikat,” ujarnya.

Dito menambahkan, para mahasiswa dan mahasiswi yang tertarik untuk melanjutkan studi pendidikan tinggi di Amerika Serikat bisa mendapatkan konsultasi gratis melalui EducationUSA Indonesia.

“Saat ini ada tujuh pusat konsultasi EducationUSA di Indonesia, termasuk Banda Aceh, Medan, Jakarta, Surabaya, Malang, dan Makassar,” imbuhnya. (des)***

 

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *