Info Jadwal, Link Pendaftaran, dan Syarat PPDB 2024/2025 di Kota Bandung

ppdb
Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Bandung bakal dibuka sepanjang bulan Mei-Juli 2024, (Foto: ppdb.bandung.go.id).

ZONALITERASI.ID – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Bandung bakal dibuka sepanjang bulan Mei-Juli 2024.

Sesuai Permendikbud Ristek No. 1 tahun 2021, PPDB dibuka menjadi empat jalur seleksi yakni jalur afirmasi, jalur zonasi, perpindahan tugas orang tua atau wali, dan jalur prestasi.

Dikutip dari akun YouTube resmi Disdik Kota Bandung, jalur afirmasi pendaftaran dilakukan pada tanggal 27-31 Mei 2024. Lalu, untuk jalur zonasi, perpindahan tugas, dan prestasi berlangsung pada tanggal 10-14 Juni 2024.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, menuturkan, para siswa dan orang tua siswa dapat mulai memantau persiapan dan sosialisasi seleksi dalam laman resmi PPDB.

“Insya Allah semua berjalan. Cukup buka di lamannya, sudah disiapkan, semua bahan sosialisasi bisa dibuka di PPDB Kota Bandung, di Dinas Pendidikan,” kata Hikmat, di SMPN 20 Kota Bandung, Senin, 6 Mei 2024.

“Pemerintah mencoba memberikan pelayanan yang mempermudah siswa-siswi untuk dapat bersekolah dengan berbagai jalur yang sudah disiapkan. Jadi tidak hanya berbicara 4 jalur itu, tapi prinsip semua orang Bandung harus bersekolah, jadi pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan, anak-anak kita harus bersekolah,” sambungnya.

Menyikapi kekhawatiran adanya kecurangan dalam PPDB jalur zonasi, Hikmat memastikan tidak akan ada kecurangan dalam seleksi siswa melalui jalur itu.

“Pelaksanaan seleksi dilakukan secara online agar segala proses bisa terbuka kepada masyarakat. Ini transparan sekali ya,” ujar Hikmat.

Link Pendaftaran PPDB Kota Bandung 2024

Pendaftaran PPDB di Kota Bandung dilakukan secara daring melalui portal resmi Dinas Pendidikan Kabupaten Kota Bandung. Pendaftar bisa mengunjungi laman tersebut untuk memulai proses pendaftaran PPDB 2024.

Berikut ini link pendaftaran PPDB Kota Bandung 2024: https://daftar.ppdb.bandung.go.id/

Syarat PPDB Kota Bandung 2024

Syarat pendaftaran PPDB Kota Bandung 2024 telah tercantum dalam Surat Edaran Wali Kota Bandung tertanggal 30 April 2024. Terdapat beberapa syarat yang harus dipersiapkan oleh calon peserta didik.

Persyaratan untuk mengikuti PPDB Kota Bandung 2024 terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus berdasarkan jalur. Dikutip dari Surat Edaran Wali Kota Bandung, berikut ini rinciannya:

a. Persyaratan Umum

– Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir Calon Peserta Didik;
– Kartu Keluarga; dan
– Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua.

b. Khusus

– Bagi calon Peserta Didik jalur afirmasi RMP harus terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan atau Data P3KE (Pensasaran Percepatan Penanganan Kemiskinan Ekstrim).

– Bagi calon Peserta Didik jalur afirmasi PDBK dan Calon Peserta Didik dengan usia paling rendah 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 Juli 2024 melampirkan surat rekomendasi dari tim pengujian (Assesmen Center) Dinas Pendidikan Kota Bandung. Calon peserta didik baru yang telah memiliki rekomendasi dari tenaga ahli (psikolog, dokter, terapis, dan profesional lainnya) agar dilampirkan pada saat pengujian.

– Bagi calon peserta didik jalur zonasi dalam Kota Bandung, Kartu Keluarga dikeluarkan sebelum tanggal 24 Juni 2023. Nama orang tua/wali Calon Peserta Didik Baru yang tercantum pada kartu keluarga harus sama dengan nama orang tua/wali calon peserta didik baru sama dengan nama yang tercantum pada rapor/ijazah jenjang sebelumnya, akta kelahiran, dan/atau kartu sebelumnya sebelumnya.

– Bagi calon peserta didik jalur perpindahan tugas orang tua/wali melampirkan surat keterangan pindah tugas orang tua/wali yang terbit paling lama 1 (satu) tahun sebelum pendaftaran PPDB dan dilengkapi dengan surat keterangan pindah domisili dari Dinas Dukcapil. Bagi guru melampirkan Surat Keterangan Belajar Mengajar (SKBM) atau SK pegawai bagi tenaga kependidikan.

– Bagi Calon Peserta Didik jalur prestasi berdasarkan perlombaan atau penghargaan melampirkan Sertifikat yang dikeluarkan tanggal 1 Juli 2021 sampai dengan tanggal 31 Desember 2023.

– Bagi Calon Peserta Didik jalur prestasi berdasarkan nilai rapor menggunakan nilai rapor kelas 4 (empat), 5 (lima) dan semester 1 (satu) kelas 6 (enam) dan surat keterangan peringkat nilai rapor. (des)***

Respon (6)

  1. Gгeetіngs! This is my first visit to your blog!
    We are a group of volunteers and starting ɑ new initiative in a
    community in the same niche. Your bloց provided us useful information to work օn. You have done ɑ marvellous job!

  2. Εѵerytһing is very open with a really clear
    explanation օf the challenges. It wаs definitely
    informative. Your website is very helpful. Tһankѕ for sharing!

  3. Excelⅼent blog here! Also your web
    site loads uρ very fast! What host are you using?
    Can I get your affiliate link to yoսr host? I wish my site loaded up as quickly as yours
    lol

  4. Ꮲlease let me know if you’re looking for a aᥙthor for your weblog.
    You have some really good articles and I feel I would be a
    good asset. If you evеr want to taкe some of tһe load off,
    I’d love to write some material for your blog in eⲭcһange for a link back to
    mine. Please blast me an email if interested. Many
    thanks!

  5. I ԁo not even know how I ended up here, but I thought this post waѕ great.

    I don’t know who you are ƅut definitely you’re going to а famous
    blogger if you are not already 😉 Cheers!

  6. Thanks for уour personal marνelous posting!
    I genuinely enjoyed гeading іt, you could be a
    great authoг.I wіll always bookmark your bⅼoց and ԝill
    often come back later on. I want to encourage yourself to continue your
    gгeаt ϳob, have a nice weeкend!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *