Inilah Link Daftar Ulang Mahasiswa Baru UIN Bandung yang Lulus SNBP 2025

61dd03de6dd87 1
Kampus UIN Bandung. Daftar ulang mahasiswa baru UIN Bandung dapat dilakukan setelah pengumuman hasil SNBP 2025. (Foto: Dok. UIN Bandung)

ZONALITERASI.ID – Daftar ulang mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung dapat dilakukan setelah pengumuman hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2025.

SNBP merupakan salah satu jalur masuk universitas dalam lingkup Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Selain SNBP yang didasarkan pada prestasi siswa, terdapat pula Seleksi Nasional Berdasarkan (Tes). SNBP bergulir lebih dahulu, sedangkan SNBT yang menggunakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) lebih belakangan.

Pengumuman SNBP 2025 berlangsung pada Selasa, 18 Maret 2025 pukul 15.00 WIB. Para siswa yang lolos melalui seleksi ini akan melakukan daftar ulang pada universitas tempat ia diterima. Namun, siswa yang tidak lulus, masih punya kesempatan. Pasalnya, pendaftaran SNBT berlangsung sejak 11 Maret dan ditutup pada 27 Maret 2025, atau 9 hari setelah pengumuman SNBP.

Terkait siswa lolos SNBP, ia perlu melewati tahapan daftar ulang. Tahapan ini berupa verifikasi berkas dan pernyataan kesediaan calon mahasiswa baru.

Daftar ulang bersifat wajib dan ketentuannya disesuaikan dengan masing-masing kampus. Begitu juga dengan UIN Bandung.

Dilansir dari laman UIN Bandung, untuk kelengkapan daftar ulang mahasiswa baru UIN Bandung yang lulus SNBP 2025, berikut ini beberapa catatan penting agar tidak ada yang terlewatkan dan pastikan mengisi biodata dengan lengkap dan benar.

1. Pengisian biodata dilakukan mulai tanggal mulai tanggal 21 Maret 2025 pukul 10.00 WIB sampai tanggal 8 April 2024 pukul 23.59 WIB melalui laman https://damba.uinsgd.ac.id/

2. Biodata diisi secara lengkap dan benar.

3. Pengisian biodata ini akan menjadi dasar penentuan UKT (Uang Kuliah Tunggal).

4. Bagi calon mahasiswa yang telah LULUS SELEKSI, tetapi tidak melakukan pendaftaran ulang (mengisi biodata) akan dikenakan sanksi administratif (berupa Kategori UKT tertinggi).

5. Mahasiswa yang lulus SNBP dan berstatus/memiliki KIP-K, tetap harus melakukan pembayaran UKT Semester 1 sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh sistem. Pendaftaran KIP-K akan diagendakan berikutnya.

6. Seluruh informasi akan diumumkan di web resmi PMB UIN Sunan Gunung Djati Bandung pmb.uinsgd.ac.id.

8. Pengumuman Penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tanggal 11 April 2025.

Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dapat dilakukan mulai tanggal 15 sampai  25 April 2025 melalui layanan Bank mitra dengan ketentuan dan tata cara yang tercantum dalam akun PMB Calon Mahasiswa. (des)***