Kedutaan Besar Jepang Buka Pendaftaran Beasiswa untuk Lulusan SMA dan SMK

beasiswa ke jepang untuk lulusan sekolah menengah 8070
Kedutaan Besar Jepang di Indonesia membuka penawaran beasiswa kepada siswa-siswi Indonesia lulusan SMA atau SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas/GAKUBU, College of Technology/KOSEN, dan Specialized Training College/SENSHU di Jepang untuk tahun akademik 2025 (April 2025), (Foto: Kedubes Jepang).

ZONALITERASI.ID – Kedutaan Besar Jepang di Indonesia membuka penawaran beasiswa kepada siswa-siswi Indonesia lulusan SMA atau SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas/GAKUBU, College of Technology/KOSEN, dan Specialized Training College/SENSHU di Jepang untuk tahun akademik 2025 (April 2025). Pendaftaran program beasiswa ini dibuka hingga 8 Mei 2024.

Dilansir dari laman Kedubes Jepang, beasiswa ini bagian dalam Program Beasiswa Pemerintah Jepang Monbukagakusho. Sebelum masuk universitas/college, penerima beasiswa akan mengikuti sekolah persiapan terlebih dahulu selama satu tahun. Selama sekolah persiapan, penerima beasiswa akan dibekali dengan pembelajaran sesuai dengan program yang dipilih.

Program GAKUBU untuk bidang studi IPS akan mempelajari pengetahuan umum Jepang, matematika, dan bahasa Inggris. Bidang studi IPA akan mempelajari pelajaran fisika, kimia, dan biologi. Sementara program SENSHU akan mempelajari bahasa Jepang sesuai dengan spesialisasi college, pengetahuan umum Jepang, dan lainnya.

Bagi pelamar yang memilih program GAKUBU bidang studi IPS, setelah dinyatakan lulus primary screening, apabila MEXT menilai bahwa pelamar memiliki kemampuan bahasa Jepang yang mumpuni, pelamar akan secara langsung ditempatkan di univeristas tanpa mengikuti sekolah persiapan terlebih dahulu. Itu bergantung dari keputusan MEXT dan pihak universitas di Jepang. Ketentuan terkait hal ini, akan dijelaskan setelah lulus primary screening.

Selanjutnya, bagi pelamar yang memilih program GAKUBU bidang studi IPA yang memiliki kemampuan bahasa Jepang yang mumpuni dan berminat untuk langsung masuk ke universitas tanpa sekolah persiapan, permintaan dapat dilakukan setelah dinyatakan lulus primary screening.

Syarat dan Fasilitas Beasiswa

Persyaratan untuk bisa mendaftar beasiswa ini, di antaranya memiliki nilai akademik yang baik dan lahir pada atau setelah April 2000. Adapun fasilitas yang akan didapat penerima beasiswa yaitu uang kuliah yang ditanggung sepenuhnya, tunjangan hidup sebesar kurang lebih 117.000 yen/bulan (Rp12 juta), dan tidak ada ikatan dinas.

Dokumen untuk seleksi beasiswa harus dikirim/diserahkan ke kantor Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat 8 Mei 2024.

Informasi lengkap beasiswa ini ada di website Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. (des)***

 

Respon (1)

  1. Excellent blog here Also your website loads up very fast What web host are you using Can I get your affiliate link to your host I wish my web site loaded up as quickly as yours lol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *