MBC, Wadah Berkumpulnya Pecinta Musang di Kota Bandung (1/Bersambung)

FOTO KOMUNITAS 1 B 980x400 1
Koordinator MBC, Alfian Fathurahman, tengah menyosialisasikan musang di tengah warga, (Foto: Dede Suherlan/Zonaliterasi.id).

ZONALITERASI.ID – Bagi pecinta, peternak, pedagang, dan pengusaha yang kerap terkait dengan musang, nama Musang Bandung Community (MBC) pasti tak asing lagi. Komunitas yang dibentuk pada 27 April 2012 ini menjadi wadah berkumpulnya pecinta dan penggemar musang.

Ide untuk membuat komunitas muncul saat dilakukan pertemuan di kediaman Ketua Pertama MBC, Arya Yuda, di kawasan Holis, Kota Bandung. Pertemuan itu diawali komunikasi melalui lewat media sosial Facebook yaitu Grup Musang Lovers dan Musang Lovers Indonesia yang didirikan pada Februari 2012.

Selain Arya, yang hadir saat itu antara lain Mamad Muhammad (BB), Iyan, Choki, Suhed , QQ Acong, Agus Dudi, dan Fahmi.

Setelah pertemuan di kawasan Holis, digelar gathering pecinta musang Bandung yang pertama, di rumah salah satu pecinta musang, Ferry, di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, pada 27 Mei 2012.

“Dalam pertemuan itu disepakati untuk membentuk MBC. Namun, sebelumnya sempat dipilih nama Pecinta Musang Bandung. Setelah mendengar usulan dari salah satu peserta gathering, Kang Firman, dipilihlah nama MBC. Alasannya, dengan nama MBC, semua yang terkait dengan musang, mulai pecinta, peternak, pedagang , hingga pengusaha terwadahi dalam komunitas ini,” kata Koordinator MBC, Alfian Fathurahman, kepada Zonaliterasi.id, saat gathering di Taman Manula, Jalan Diponegoro, Bandung, beberapa waktu lalu.

Menurut Alfian, MBC memiliki visi melestarikan dan menjadikan musang sebagai salah satu hewan peliharaan (pets). Sedangkan misi komunitas ini yaitu melakukan sosialisasi tentang musang kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat memahami musang itu bukan hama.

“Slogan MBC adalah Ku Careuh, Batur Jadi Dulur (Melalui Musang, Orang lain menjadi Saudara). Slogan ini dicetuskan oleh Kang BB. Sedangkan yang membuat logo MBC adalah Kang Danoe,” kata Alfian seraya mengatakan, pembuat Grup MBC di media sosial yaitu Feri dan Account Twitter @MBC_Musang dibuat oleh Alfian.

Ditambahkan Alfian, sejak berdiri pada 2012, jumlah anggota MBC bertambah terus. Saat pertama berdiri pada 2012, jumlah anggota MBC yang tergabung dalam media sosial sebanyak 200 orang dan anggota aktif 20 orang. Lalu, pada 2013-2014, anggota MBC di media sosial membeludak hingga 1.600 orang dan anggota aktif 50 orang.

“Pada tahun 2015, anggota MBC di media sosial mencapai 2.500 orang dan anggota aktif 100 orang. Untuk Ketua MBC sendiri, setelah ketua pertama dijabat Kang Arya, selanjutnya pada 2013 Kang BB dipercaya menakhodai komunitas ini. Dan pada tahun 2014, MBC diketuai Kang Yan Yan,” imbuh Alfian, sembari menyebutkan, untuk Sekretariat MBC berlokasi di Jalan Mohammad Toha. Komplek PLN Cigereleng, No. 102 C Bandung. (dede suherlan)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *