Menag Lantik Prof. Rosihon Anwar sebagai Rektor UIN Bandung Periode 2023-2027

1691727920
Menag Yaqut Cholil Qoumas melantik Prof. Rosihon Anwar (paling kiri) sebagai Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung periode 2023-2027, Jumat, 11 Agustus 2023, (Foto: Dok. Kemenag).

ZONALITERASI.ID – Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, melantik Prof. Dr. Rosihon Anwar, M.Ag., sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung periode 2023-2027, Jumat, 11 Agustus 2023.

Pelantikan berlangsung di Auditorium H.M. Rasjidi, Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jalan MH Thamrin Jakarta.

Pada kesempatan sama juga dilantik Prof. H. Hamdan, M.A., Ph.D., sebagai Rektor UIN Alaudin Makassar dan lima pejabat eselon II di lingkungan Kementerian Agama.

Hadir menjadi saksi, Sekjen Kemenag Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag. dan Dirjen Pendidikan Islam Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T. Hadir juga mantan Rektor UIN Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si. serta para Stafsus, Staf Ahli, Tenaga Ahli Menag dan pejabat eselon II Kemenag pusat.

Diketahui, sebelum terpilih menjadi rektor UIN Bandung periode 2023-2027, Prof. Rosihon mengikuti seleksi secara ketat dari awal sebagai bakal calon rektor sampai masuk calon tiga besar.

Prof. Rosihon yang sebelumnya menjabat Wakil Rektor I UIN Bandung bisa menyisihkan 12 kandidat lainnya yang ikut bertarung untuk menjadi Rektor di kampus yang berlokasi di Jalan AH Nasution Bandung itu.

Saat menyampaikan amanat pelantikan, Menag Yaqut Cholil Qoumas, mengatakan, reposisi ini dilakukan demi meningkatkan efektivitas dan akselerasi birokrasi dalam menjalankan fungsi layanan.

“Saya mengingatkan kepada para pejabat tinggi dan para rektor pada PTKIN, tentukan kebijakan berdasarkan prioritas, perbanyak ngobrol dengan unit lain dan jangan merasa bangga dengan prestasi sendiri,” kata Yaqut.

“Bukan saatnya jabatan ini menjauhkan satu di antara kita. Justru jihad kita menyatukan langkah demi masa depan Kementerian Agama dan bangsa Indonesia,” sambung Yaqut.

Berikut ini rektor dan pejabat eselon II yang dilantik Menag:

1. Prof. Dr. Rosihon Anwar, M.Ag., dalam jabatan tugas tambahan sebagai Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung;

2. Prof. H. Hamdan, M.A., Ph.D., dalam jabatan tugas tambahan sebagai Rektor UIN Alaudin Makassar;

3. Prof. Dr. H. Moh. Isom, M.Ag., menjadi Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Badan Penelitian dan Pengembangan, dan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama;

4. Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag., menjadi Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan, dan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama;

5. Drs. Sudirman Simanihuruk, M.Th., menjadi Direktur Pendidikan Kristen Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama;

6. Drs. H. Eramli Jantan Abdullah, M.M., menjadi Kepala Biro Umum, Akademik, Perencanaan dan Keuangan Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi;

7. Prof. Dr. H. Waryono, S.Ag., M.Ag., menjadi Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama.

(des)***

 

Respon (48)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *