Meriahnya Momen Perpisahan dan Kenaikan Kelas di SDN 1 Cileungsir Ciamis

WhatsApp Image 2023 06 28 at 05.22.47
SDN 1 Cileungsir, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis menggelar "Perpisahan Kelas VI dan Kenaikan Kelas I - V", pada Sabtu, 24 Juni 2023, (Foto: Asep Setiadi).

ZONALITERASI.ID – SDN 1 Cileungsir, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis menggelar “Perpisahan Kelas VI dan Kenaikan Kelas I – V”, pada Sabtu, 24 Juni 2023.

Acara yang berlangsung di Ruang Pertemuan SDN 1 Cileungsir itu dihadiri orang tua siswa, calon siswa baru, Komite SDN 1 Cileungsir, Kepala Desa Cileungsir, Kepala Dusun Cileungsir, tokoh masyarakat, dan alumni SDN 1 Cileungsir.

Pada kesempatan sama, diselenggarakan pemberian hadiah untuk siswa berprestasi dan penyerahan tabungan. Untuk memeriahkan acara, juga tampil kreasi seni dari siswa dan siswi SDN 1 Cileungsir.

Kepala SDN 1 Cileungsir, Deden Efendi, mengungkapkan, penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar (KBM) selama tahun pelajaran 2022/2023 telah berlangsung sesuai dengan kalender pendidikan yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulillah KBM berlangsung lancar. Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu Guru, Komite Sekolah, aparat pemerintahan, orang tua siswa, dan semua pihak yang telah bahu-membahu menyukseskan proses pendidikan di sekolah yang kita cintai ini,” kata Deden, saat menyampaikan sambutan.

Deden menuturkan, ke depan, untuk tahun pelajaran 2023/2024, selain menyelenggarakan KBM di kelas, beberapa kegiatan ekstrakulikuler pun akan dilakukan. Kegiatan ekstrakulikuler itu antara lain olah raga, seni lukis, kaligrafi, dan literasi (Citucatulis) Merangkai Kata Bermakna.

“Digelarnya kegiatan ekstrakulikuler akan menambah kualitas pembelajaran. Kami berharap kualitas proses pendidikan di SDN 1 Cileungsir terus meningkat. Semoga ke depan SDN 1 Cileungsir terus berkembang. Selain mendidik siswa dan siswi yang sudah ada, alhamdulillah pada tahun ajaran 2023/2024 ini SDN 1 Cileungsir menerima sebanyak 17 siswa baru. Alhamdulillah ada peningkatan jumlah siswa yang signifikan dalam penerimaan siswa baru pada tahun ini,” pungkas Deden.

Sementara perwakilan alumni SDN 1 Cileungsir, Hendih Esa Budiarsa, mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh sekolah. Menurutnya, inovasi dan kreativitas kepala sekolah dan guru-guru sangat berarti dalam mengembangkan almamater tercinta.

“SDN 1 Cileungsir yang berdiri pada tahun 1942 telah melahirkan ribuan lulusan. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah tertua di Kecamatan Rancah. Kami yakin, inovasi yang dilakukan oleh Bapak Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru bisa terus meningkatkan kualitas pendidikan di SDN 1 Cileungsir,” tuturnya.

Kepala Dusun Cileungsir, Yoyo Wartoyo, juga menyambut baik proses pendidikan di SDN Cileungsir 1 yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Kata Yoyo, peningkatan kualitas pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak, mulai dari pengelola pendidikan di sekolah, orang tua siswa, aparat pemerintahan, hingga alumni dan masyarakat umum.

“Semoga sinergitas di antara berbagai komponen dalam mengembangkan kualitas pendidikan di SDN 1 Cileungsir bisa dipertahankan. Ini merupakan modal yang sangat besar untuk mendukung sekolah yang kita cintai ini agar  terus maju dan berkembang,” pungkas Yoyo. (dede suherlan)***

Respon (89)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *