NEWS, TEKNO  

Mobil Terbang Pertama di Dunia Siap Meluncur, Harganya Rp4,5 Miliar

tekno mobil
Mobil terbang pertama di dunia, yang disebut ‘Model A’, sekarang dapat dipesan dengan harga sekitar US$300.000 atau setara dengan Rp4,5 miliar, (Foto: Alef Aeronautics).

ZONALITERASI.ID Perkembangan teknologi yang pesat telah membawa kita ke era yang semakin dekat dengan impian manusia untuk memiliki mobil terbang pribadi. Kabar baiknya adalah mobil terbang pertama di dunia, yang disebut ‘Model A’, sekarang dapat dipesan dengan harga sekitar US$300.000 atau setara dengan Rp4,5 miliar. Ini adalah tonggak sejarah dalam dunia transportasi.

Alef Aeronautics, pabrikan mobil terbang yang berbasis di Santa Clara, California, telah menerima izin resmi dari Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat untuk melakukan uji coba di jalan raya dan di udara sebelum kendaraan ini dikirim kepada konsumen.

Dilansir dari CNN Indonesia, Rabu, 5 Juli 2023, meskipun hanya bisa membawa satu atau dua penumpang dan hanya memiliki jarak tempuh terbatas, sekitar 321 km di darat dan 177 km di udara, Model A memiliki potensi untuk memberikan pengalaman mobilitas yang revolusioner.

Model A memiliki desain yang memungkinkannya dikendarai di jalan umum dan dapat parkir seperti mobil biasa. Ini juga dilengkapi dengan kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Mobil terbang ini ditenagai sepenuhnya oleh listrik, yang berarti lebih ramah lingkungan dan memiliki dampak emisi yang rendah.

Model A tergolong sebagai “Kendaraan Berkecepatan Rendah” yang tidak akan melaju lebih cepat dari 40 km per jam di jalan raya. Untuk perjalanan yang lebih cepat, Anda dapat memanfaatkan kemampuan terbangnya.

CEO perusahaan, Jim Dukhovny, menyampaikan harapannya bahwa sertifikasi akan menjadi langkah selanjutnya bagi perusahaan mereka.

“Meskipun telah ada perintis seperti Terrafugia, Paul Moller, dan Henry Ford, ini adalah kali pertama sebuah kendaraan dalam arti yang tradisional (dapat diparkir dan dikemudikan seperti mobil, berfungsi seperti mobil, dan terlihat seperti mobil) mendapatkan izin untuk terbang,” kata Jim Dukhovny, mengutip dari USA Today.

Mobil terbang ‘Model A’ ini dikabarkan sudah bisa dipesan dengan sistem pre-order. Perusahaan telah membuka pemesanan melalui situs resmi mereka sejak Jumat, 6 Juni 2023.

Jim Dukhovny juga memiliki target bahwa mobil terbang pertama ini akan tersedia untuk dibeli secara massal mulai tahun 2025.

Dengan kemajuan teknologi ini, masa depan transportasi telah membuka pintu bagi inovasi yang lebih besar. Kemungkinan akan ada perkembangan lebih lanjut dalam pengembangan mobil terbang dan jaringan transportasi udara di masa mendatang. (agni fristy)***

Respon (47)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *