Rumah Zakat Luncurkan Beasiswa BAIK, untuk 25 Ribu Siswa dan Mahasiswa

sddefault
Rumah Zakat meluncurkan program Beasiswa Baik (Berakhlak, Amanah, Inspiratif, dan Kreator perubahan), di Kiara Artha Park, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu, 6 Agustus 2023, (Foto: Dok. Rumah Zakat).

ZONALITERASI.ID – Rumah Zakat meluncurkan program Beasiswa BAIK (Berakhlak, Amanah, Inspiratif, dan Kreator perubahan), di Kiara Artha Park, Bandung, Minggu, 6 Agustus 2023.

Peluncuran Beasiswa BAIK bersamaan dengan moment peringatan ‘Milad ke-25 Rumah Zakat’.

Beasiswa BAIK dialokasikan untuk membantu pendidikan sebanyak 25 ribu siswa jenjang SMA sederajat dan mahasiswa perguruan tinggi. Program beasiswa ini fokus pada pendampingan dan pelibatan aktif penerima beasiswa dalam penyelesaian masalah sosial yang terjadi di masyarakat.

CEO Rumah Zakat, Irvan Nugraha, mengatakan, program Beasiswa BAIK ini lahir karena adanya fakta bahwa rata-rata masyarakat Indonesia hanya bersekolah hingga sekolah menengah pertama (SMP).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata lama sekolah masyarakat Indonesia berusia 15 tahun ke atas adalah 9,08 tahun. Sebanyak 76 persen keluarga menyatakan penyebab utama anak mereka putus sekolah adalah karena alasan ekonomi. Sebagian besar atau sekitar 67 persen di antaranya tidak mampu membayar biaya sekolah, sementara sekitar 8,7 persen harus mencari nafkah.

“Di moment seperempat abad ini, Rumah Zakat siap mendukung program pemerintah menuntaskan wajib belajar 12 tahun melalui program Beasiswa BAIK. Bagi pelajar yang kesulitan biaya, dapat mengajukan bantuan melalui website beasiswabaik.rumahzakat.org,” kata Irvan saat peluncuran Beasiswa BAIK, Minggu.

Irvan menuturkan, masyarakat juga dapat berpartisipasi membantu pendidikan pelajar atau mahasiswa dari kalangan ekonomi kurang mampu melalui program Beasiswa BAIK. Caranya dengan mengakses situs web program tersebut dan menyalurkan infak pendidikan.

Dia berharap, dengan memperhatikan pendidikan generasi muda ini, maka semakin tinggi tingkat pendidikan masyarakat di Indonesia.

“Mudah-mudahan, dengan kita perhatian kepada pendidikannya siswa ataupun mahasiswa, Indonesia akan mendapatkan berkahnya, yakni Indonesia akan menjadi negara maju lewat produktivitas yang tinggi dari gen Z maupun juga milenialnya,” ujar Irvan.

Sebelumnya, saat soft launching program Beasiswa BAIK di Kantor Rumah Zakat, Jalan Batu Kencana Bandung, Senin, 31 Juli 2023, Chief Program Officer Rumah Zakat, M. Sobirin, mengatakan, Rumah Zakat berharap dengan diluncurkannya Beasiswa BAIK ini bisa meringankan biaya pengeluaran pendidikan bagi siswa atau mahasiswa berprestasi dari kelompok masyarakat rentan atau kurang mampu secara finansial.

“Melalui program Beasiswa BAIK ini bisa mewujudkan generasi pemimpin masa depan yang berakhlak baik, amanah, inspiratif dan mampu menjadi kreator perubahan untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat,” pungkasnya. (des)***

 

 

Respon (43)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *