125 Siswa MAS YPP Sukamiskin Kota Bandung Ikuti Lomba dan Pelatihan Kompetensi

716209f6 4fef 482c 968e ffec3a918db0
Siswa MAS YPP Sukamiskin Kota Bandung saat mengikuti pelatihan bertajuk 'Literasi Jurnalistik', di Komplek Pesantren Sukamiskin, Kota Bandung, Senin, 5 Juni 2023. Tampil sebagai pembicara, Redaktur Zonaliterasi.id, Atep Kurniawan, (Foto: Dadan Burhan/Zonaliterasi.id).

ZONALITERASI.ID Sebanyak 125 siswa sekaligus santri Madrasah Aliyah Swasta Yayasan Pondok Pesantren Sukamiskin (MAS YPPS) mengikuti ‘Lomba dan Pelatihan Kompetensi Siswa’ selama seminggu sejak Senin sampai Sabtu, 5-10 Juni 2023.

Rangkaian kegiatan itu bertempat di Komplek Pesantren Sukamiskin, Jalan Pesantren, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan diawali dengan pelatihan dasar jurnalistik dan pengenalan hukum di Indonesia, yang bertajuk ‘Literasi Jurnalistik’ dan ‘Hukum di Indonesia’. Adapun yang menjadi pembicara ‘Literasi Jurnalistik’ yaitu Redaktur Zonaliterasi.id, Atep Kurniawan.

Kepala MAS YPP Sukamiskin, Rd. Alfi Muhammad Toyyib, SMB, mengatakan, pihaknya menyelenggarakan Kegiatan Lomba dan Pelatihan Kompetensi Siswa tersebut bertujuan untuk membekali pengetahuan serta keterampilan yang pastinya akan berguna untuk kehidupan mereka kelak.

Sebagai institusi pendidikan, kata Alfi, tidak saja bertanggung jawab memberikan ilmu agama, pengetahuan umum maupun pembentukan karakter mereka melalui pelajaran di dalam kelas, tetapi juga dituntut untuk memberikan stimulasi keterampilan di luar mata pelajaran.

“Agar para siswa ini mempunyai skill atau keterampilan tertentu agar kehidupan mereka nanti lebih produktif melalui kegiatan di luar mata pelajaran dengan menghadirkan para praktisi yang berkompeten di bidangnya,” ungkap Kepala Sekolah MAS YPPS yang sering disapa Kang Alfi, kepada Zonaliterasi.id.

Kegiatan Lomba dan Pelatihan Kompetensi Siswa MAS YPPS ini, jelas dia, diisi beragam materi dengan rincian lima kategori pelatihan kompetensi dan enam kategori lomba.

Selain Literasi Jurnalistik dan Hukum di Indonesia, kategori pelatihan lainnya adalah Pemulasaraan Mayit dan Teori Manasik Haji; Pengenalan Zakat dan Perbankan Syariah; serta Komputerisasi Internetworking dan Administrasi Perkantoran.

Sedangkan kegiatan lomba terdiri dari Lomba Hiburan (PS3, Mobile Legend, dan Carambol); Lomba Makeup; Menjahit; Lomba Hiburan Lanjutan dan diakhiri dengan penyerahan hadiah.

“Ketika seorang siswa menjadi sumberdaya manusia yang berkompeten, apapun skill yang dikuasainya tentu akan menjadi kebanggaan bagi orang tua, kebanggaan bagi kami sebagai pendidik di sekolah dan pesantren, termasuk juga masyarakat tentunya,” kata Kang Alfi.

Ia menambahkan, para siswa sekaligus juga santri di MAS YPP Sukamiskin mendapatkan materi pelajaran sekolah dan ilmu agama. Secara kelembagaan MAS YPP Sukamiskin berada di bawah naungan Kementerian Agama dengan akreditasi A, berdasarkan sertifikat 02.00/203/SK/BAN-SM/XII/2018.

Para siswa Madrasah Aliyah Yayasan Pondok Pesantren Sukamiskin yang mengikuti kegiatan tersebut tampak antusias. Mereka banyak melontarkan pertanyaan kepada para mentor terkait materi pelatihan yang diberikan. (dan)***

Respon (37)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *