Beras Campernik Herang, Produk Unggulan dari Padaherang Pangandaran

FOTO NG 89
Beras Campernik Herang merupakan produk unggulan dari Desa/Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, (Foto: Istimewa).

ZONALITERASI.ID Beras Campernik Herang merupakan produk unggulan dari Desa/Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran.

Campernik yang melekat pada produk ini diambil dari nama Kelompok Tani Campernik yang berdiri pada 2015. Sedangkan kata herang, diambil dari nama daerah Padaherang. Dan, produk beras ini memang herang (bening).

Salah satu anggota Kelompok Tani Campernik yang juga pelopor lahirnya beras Campernik Herang, Endi Rustandi, mengatakan, beras yang diproduksi Kelompok Tani Campernik yaitu beras putih, coklat, merah, dan beras hitam.

“Sistem budidaya yang kami lakukan dengan sistem pertanian ramah lingkungan, tanpa menggunakan pestisida sintetic, bebas residu, dan aman dikonsumsi. Untuk packaging, sengaja kami proses dengan sistem vacuum. Itu dimaksudkan agar kualitas beras bisa terjaga sampai ke tangan konsumen,” kata Endi, kepada Zonaliterasi.id, baru-baru ini.

Adapun luas lahan yang digunakan untuk budidaya beras Campernik Herang sekitar 10 hektare. Untuk kapasitas produksi, beras merah mencapai 1 ton, hitam 1 ton, dan beras putih 10 ton. Per hektare, menghasilkan sekitar 6 ton beras.

Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran pun sangat mendukung budidaya Beras Campernik ini. Selama ini, bantuan yang diberikan berupa bibit pupuk dan pestisida organik.

“Ke depan, diharapkan ada bantuan alsintan juga,” pungkas Endi. (dac)***

Respon (35)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *