Maknyusnya Menyeruput Kopi di Kedai Kopi Ki Oyo

kopi ki oyo 2 960x400 1
Pengunjung sumringah saat bertandang ke Kedai Kopi Ki Oyo, (Foto: Dede Suherlan/Zonaliterasi.id).

ZONALITERASI.ID – Menikmati malam sambil menyeruput segelas kopi sungguh nikmat. Kemaknyusan semakin terasa karena suasana lokasi berkopi yang menggitu mendukung.

Ya, saat Zonaliterasi.id bertandang ke Kedai Kopi Ki Oyo, di Cileungsir, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, beberapa waktu lalu, suasana adem dan nyaman di Kedai Kopi Ki Oyo begitu meninabobokan.

Kedai kopi ini ditata begitu apik. Selain ada ruangan khusus untuk penikmat kopi, di halaman kedai itu juga terdapat dua saung (bangunan kecil) yang bisa ditempati pengunjung yang ingin berkopi di luar ruangan.

Sesaat tiba di Kedai Kopi Ki Oyo, pemilik sekaligus pengelola kedai, Yudi Rosdiana, langsung menyapa ramah. Dia pun menyodorkan menu kopi yang bisa dipilih untuk diseruput malam itu.

Dari daftar menu yang disodorkan Yudi, ada beberapa pilihan kopi di kedai yang di-launching awal 2019 itu. Di antaranya yaitu Espresso, Americano, Long Black, Cappucino Late, Es Literasi Kopi, Vietnam Drip Susu, dan Tubruk Robusta Arabika.

“Soal harga pasti terjangkau berbagai kalangan. Kami tak mematok harga tinggi. Namun, kendati begitu kualitas kopi yang kami tawarkan tetap terjamin. Bagi kami kualitas adalah nomor satu,” ujarnya.

Salah satu pengunjung kedai, Amat Ruhimat (26), mengaku sangat menikmati suguhan di Kedai Kopi Ki Oyo.

“Saya memesan Vietnam Drip Susu Hot. Rasanya sungguh hot… Dan aromanya itu loh, ruar biasa,” kata pria asal Dadiharja, Kecamatan Rancah itu.

Pengunjung lainnya, Ike Rahmawati (18), asal Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, menuturkan, dia keranjingan menyeruput kopi di Kedai Kopi Ki Oyo.

“Saya beberapa kali datang ke kedai ini. Namun saya tak bosan-bosan, selalu ingin datang lagi,” cetus Ike, seraya mengatakan, malam itu dia menikmati Cappucino Latte.

Kopi Asli

Yudi menjelaskan, kopi yang diracik di Kedai Kopi Ki Oyo merupakan kopi asli khas Rancah.

“Kopi Ki Oyo dihasilkan dari kebun seluas 3 hektare milik Kang Haji Heri Sunarya di Desa Cileungsir, Kecamatan Rancah. Kang Haji Heri adalah owner Kopi Ki Oyo. Nama Kopi Ki Oyo sendiri diambil untuk menghormati nama orang tua Kang Haji Heri, Pak Haji Oyo,” ungkapnya.

Ditambahkannya, jenis kopi yang dibudidayakan di kebun kopi milik Heri Sunarya adalah jenis kopi robusta. Penanamannya dengan sistem sambung yang berasal dari pohon induk kopi pilihan.

“Kopi Ki Oyo mulai dikenal ke seluruh Indonesia berkat keikutsertaan dalam berbagai event pameran. Bahkan Kopi Ki Oyo mulai dikenal ke mancanegara melalui promosi di media sosial,” tambah Yudi. (dede suherlan)***

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *