Pemerintah Bentuk Satgas PPDB 2024, Wapres: Perketat Pengawasan

download
Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, mengusulkan pembentukan Satgas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024. (Ilustrasi: Istimewa)

ZONALITERASI.ID – Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, mengusulkan pembentukan Satgas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024. PPDB ini diusulkan oleh. Satgas akan melibatkan Menteri Pendidikan hingga Kejaksaan Agung.

“Yang sudah kita usulkan itu di tingkat pusat Kejaksaan Agung, Kapolri, Mendagri, kementerian teknis pak Mendikbud dan pak Menteri Agama,” kata Muhadjir, dilansir dari laman wapresri.go.if, Kamis, 4 Juli 2024.

Muhadjir telah menyampaikannya langsung kepada Presiden Jokowi dan tinggal menunggu persetujuan. Setelah satgas resmi dibentuk, Muhadjir dan pihak lainnya akan segera menyisir penyimpangan PPDB yang ada.

“Mudah-mudahan kalau Pak Presiden sudah menyetujui, sudah ada satgas, kita akan sisir betul itu penyimpangan-penyimpangan,” katanya.

Ia mengatakan, pemerintah pusat nantinya akan memberikan arahan kepada satgas. Sementara pelaksanaannya akan diserahkan kepada masing-masing pemerintah daerah.

“Pusat hanya mengendalikan dan mengarahkan tapi implementasinya terserah pada masing-masing daerah, karena nanti kalau ada penyimpangan-penyimpangan di PPDB itu yang bertanggung jawab harus pemerintah daerah,” katanya.

“Beberapa daerah sudah muncul kasus dan sebetulnya PPDB ini bukan rukun Islam jadi jika seandainya sudah tidak sesuai ya bisa aja diganti, silahkan saja enggak ada masalah,” sambungnya.

Pengawasan Lebih Ketat

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, mengatakan, pembentukan Satgas 2024 bisa menepis kecurangan yang mungkin terjadi.

“Supaya pengawasannya lebih ketat, jadi lebih fokus untuk mengamati (proses PPDB) dan supaya membuat pihak yang akan melakukan [kecurangan tidak berani] karena sudah ada satgas nya,” ujarnya.

Ma’ruf mewanti-wanti para peserta atau panitia PPDB tak melakukan kecurangan. Ia mengajak siswa dan orang tua mengikuti proses PPDB secara tertib.

“Berpikir berpuluh kali lah untuk melakukan itu karena sudah ada lembaga yang mengawasi dan memata-matai langsung sehingga nanti bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.

Jikalau suatu saat kecurangan dalam PPDB ditemukan, Ma’ruf menekankan pembentukan satgas tak ada salahnya. Setidaknya, pembentukan satgas ini dapat mengawasi PPDB secara berkelanjutan.

“Soal satgas PPDB, kalau memang dengan mengawasinya tidak juga berhasil, masih saja terjadi (kecurangan), saya kira tidak salah jadi (pembentukan) satgas itu ya,” katanya. ***

 

Respon (13)

  1. Your writing has a way of resonating with me on a deep level. It’s clear that you put a lot of thought and effort into each piece, and it certainly doesn’t go unnoticed.

  2. Simply wish to say your article is as amazing The clearness in your post is just nice and i could assume youre an expert on this subject Well with your permission let me to grab your feed to keep updated with forthcoming post Thanks a million and please carry on the gratifying work

  3. Представьте, мой друг выиграл два билета на музыкальный фестиваль в другой стране и предложил мне поехать с ним. Такой шанс выпадает раз в жизни, но денег на поездку у меня не было, да и кредитная история была далека от идеала. Вспомнил про Телеграм канал список новых мфо , который нашел в Яндексе на первом месте. Это вызвало доверие. Канал предложил множество МФО, которые давали займы всем. Оформив займ за 10 минут, я быстро получил деньги и смог отправиться в это незабываемое путешествие. Всем советую подписаться на этот канал!

  4. That is very interesting, You are an excessively professional blogger. I’ve joined your rss feed and stay up for seeking more of your excellent post. Additionally, I have shared your web site in my social networks
    lee bet регистрация

  5. Nice blog here Also your site loads up fast What host are you using Can I get your affiliate link to your host I wish my web site loaded up as quickly as yours lol

  6. certainly like your website but you need to take a look at the spelling on quite a few of your posts Many of them are rife with spelling problems and I find it very troublesome to inform the reality nevertheless I will definitely come back again

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *