YRBK Gelar Lomba Cipta Puisi Kebangsaan untuk Guru se-Kota Banjar

WhatsApp Image 2023 08 20 at 11.13.24
Sebanyak 60 puisi dari para guru berbagai tingkatan terkumpul dalam 'Lomba Cipta Puisi Kebangsaan untuk Guru se-Kota Banjar', (Foto: Dok. YRBK).

ZONALITERASI.ID – Sebanyak 60 puisi dari para guru berbagai tingkatan (TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA), terkumpul dalam ‘Lomba Cipta Puisi Kebangsaan untuk Guru se-Kota Banjar’.

Lomba ini diselenggarakan oleh Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) dan didukung oleh Program Penguatan Komunitas Sastra, Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek RI.

“Alhamdulillah setelah penutupan penerimaan naskah puisi tadi malam, tepat pukul 21.00 WIB (17 Agustus 2023) terkumpul 60 puisi dari para guru berbagai tingkatan,” sebut keterangan dari panitia, Minggu, 20 Agustus 2023.

“Tema utama puisi tentang ‘Kebangsaan’ dengan sub-tema meliputi cinta tanah air, persatuan, bhineka tunggal ika, kebanggaan pada bendera merah putih, kebanggaan pada bangsa, budaya dan bahasa Indonesia, toleransi, solidaritas sosial, pendidikan, merdeka belajar, patriotisme, kepahlawanan, dan sub tema lainnya yang relevan dengan semangat kebangsaan,” sambungnya.

Selanjutnya dijelaskan, lomba puisi untuk guru ini bertujuan untuk mewadahi gagasan, ide, imajinasi, serta kreativitas para guru terkait semangat kebangsaan melalui penulisan puisi.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong peningkatan dan pengembangan apresiasi sastra, memupuk kepekaan berbahasa serta memacu semangat dan merangsang kreativitas para guru untuk berkarya,” katanya.

Kriteria Penilaian

Diketahui, Dewan Juri ‘Lomba Cipta Puisi Kebangsaan untuk Guru se-Kota Banjar’ berasal dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB) Kemendikbudristek/Balai Bahasa Jawa Barat, Penerbit Lingkaran Yogyakarta/Fakultas Sastra UGM, serta YRBK.

Ada beberapa persyaratan untuk mengikuti lomba ini, di antaranya karya puisi yang dilombakan belum pernah dipublikasikan atau diterbitkan dalam bentuk buku atau sejenisnya, serta tidak sedang diikutsertakan dalam lomba atau dalam kegiatan serupa lainnya.

Selain itu, karya puisi yang diikutsertakan bukan saduran, terjemahan, plagiasi ataupun murni menjiplak atau memodifikasi dari naskah puisi yang telah ada sebelumnya.

Kriteria penilaian untuk cipta puisi meliputi tiga hal, yaitu kesesuaian tema (30 persen); diksi, gaya bahasa, dan penyajian (30 persen), serta keutuhan, keaslian/orisinalitas dan kreativitas (40 persen).

Penilaian oleh Dewan Juri dilakukan pada akhir Agustus – September 2023. Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan disinergikan dengan kegiatan Pagelaran Sastra Kota Banjar dalam rangka mengkhidmati ‘Bulan Bahasa’ pada akhir Oktober 2023.

Panitia akan memberikan apresiasi, penghargaan dan hadiah berupa Piagam Penghargaan, Piala/Plakat, Uang dengan jumlah nominal sebagai berikut:

– Juara I: Rp1.500.000,-
– Juara II: Rp1.250.000,-
– Juara III: Rp1.000.000,-
– Juara Favorit untuk 7 orang @Rp500.000,-

Sebagai bentuk apresiasi, puisi para juara dan puisi terpilih lainnya akan didokumentasikan dalam buku Antologi Puisi Kebangsaan. (dac)***

 

 

 

 

Respon (34)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *