Tips Agar Buku tak Menguning dan Cepat Rusak

015373600 1594887344 potted succulent plants on the bookshelf 2098691 980x400 1
(Ilustrasi: Fexel)

ZONALITERASI.ID – Para pencinta buku tentu selalu menjaga agar bukunya terawat. Salah satu masalah yang kerap menimpa buku yang sudah lapuk dimakan usia yaitu tampilan kertas yang mulai menguning.

Masalah ini sangat memusingkan pencinta buku. Selain jengkel karena buku tak tampil menarik lagi, keengganan untuk membuka-buka buku lama pun bisa saja muncul.

Ya, merawat buku memang susah-susah gampang. Kerusakan pada buku tentunya terjadi jika Anda tidak pernah membersihkannya dan tempat penyimpanannya yang kurang sesuai. Bahkan, posisi buku pada saat menyimpannya juga perlu diperhatikan.

Cara merawat buku perlu benar-benar diperhatikan agar awet. Pastinya, Anda membeli buku agar bisa membacanya berkali-kali di kemudian hari. Oleh karena itu, terapkanlah cara merawat buku yang benar agar koleksi Anda tidak menguning dan cepat rusak.

Berikut beberapa tips tentang cara merawat buku:

Simpan di Tempat Terbuka dan Atur Posisi Buku

Cara merawat buku agar tidak cepat rusak yang pertama adalah terkait tempat penyimpanannya. Alasan utama jamur tumbuh di dalam buku adalah tempat penyimpanan yang lembab. Jadi, simpanlah pada tempat terbuka agar suhu udara pada buku tetap stabil.

Pastikan ruangan tempat buku disimpan memiliki udara yang tidak lembab dan memiliki sirkulasi udara yang memadai. Untuk mendapatkan udara yang cukup, ruangan tempat buku disimpan harus memiliki jendela atau lubang ventilasi.

Selain itu, usahakan untuk tidak meletakkan buku berdekatan dengan lantai. Dengan kata lain, jangan letakkan buku di bagian paling bawah. Pilih tempat yang mudah dilihat dan dijangkau seperti bagian tengah atau atas.

Atur Posisi Buku dan Gunakan Kamper

Mengatur posisi buku juga sangat penting sebagai cara merawat buku agar tidak menguning dan cepat rusak. Posisi buku hendaknya diberdirikan atau dijajarkan ke samping. Posisi seperti ini memungkinkan udara untuk untuk masuk ke sela-sela buku lewat celah lembaran buku. Bila buku diletakkan bertumpuk, dikhawatirkan udara tak bisa masuk dan mempercepat kelembapan.

Selain itu, taburlah kamper di sela-sela buku atau di pojok-pojok lemari penyimpanan buku. Hal ini berguna untuk mengusir ngengat dan mengurangi bau tak sedap.

Bersihkan Secara Rutin dan Gunakan dengan Bijak

Setiap dua pekan sekali, biasakan diri untuk menukar letak buku. Bila memungkinkan, keluarkan buku-buku dari lemari penyimpanan dan letakkan selama sehari di luar lemari. Bisa di atas meja atau di ruang terbuka yang tidak lembab. Cara merawat buku satu ini sangat penting dilakukan agar keleksi Anda awet.

Buku jika terlalu lama disimpan dan dipajang tentunya akan berdebu. Jadi, agar buku Anda tidak berdebu, tentunya harus dibersihkan. Membersihkan buku gampang saja, Anda bisa menggunakan kemoceng, lap, dan lap basah untuk buku yang memiliki cover plastic.

Gunakan dengan Bijak

Cara merawat nuku agar tidak rusak selanjutnya adalah menggunakannya dengan bijak. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan Anda saat membaca buku. Walaupun terkesan sepele, memastikan tangan bersih sebelum membaca buku ternyata sangat penting dilakukan.

Bisa jadi buku Anda mengalami kerusakan karena ulah tangan Anda sendiri yang kotor. Maka dari itu, sebaiknya hindari makan dan minum sambil membaca buku agar remah makanan atau tetesan air minum tidak mengenai buku.

Selain itu, kebiasaan melipat ujung halaman juga dapat merusak buku. Menggunakan pembatas halaman yang tipis menjadi pilihan tepat untuk menandai bacaan Anda, karena tidak akan meninggalkan bekas pada halaman buku.

Membersihkan Buku dari Jamur dan Menghilangkan Bau

Cara merawat buku sebenarnya memang tidak sulit. Tak ada salahnya memberi lampu dengan cahaya yang cukup di dalam lemari buku. Hal ini dengan tujuan agar buku mendapat cahaya yang cukup. Sinar lampu juga akan menghambat ngengat masuk ke sela-sela buku.

Selain itu, sampul buku dengan plastik untuk menjaga agar kondisinya tetap baik. Sedangkan, untuk buku-buku yang usianya sudah cukup tua, berhati-hatilah dalam membuka tiap halamannya. Sebab buku-buku tua rentan akan kerusakan.

Membersihkan Buku dari Jamur

Cara merawat buku juga tetap bisa dilakukan saat buku Anda sudah ditumbuhi jamur. Jika buku Anda mulai berjamur, gunakanlah sikat halus untuk menghilangkan serbuk putih yang ditimbulkan pada halaman buku. Cobalah untuk membersihkan jamur dengan bahan kimia seperti hidrogen peroksida dan campurkan dengan air suling. Teteskan pada kapas dan oleskan dengan hati-hati.

Menghilangkan Bau Jamur pada Buku

Untuk menghilangkan bau yang ditimbulkan oleh jamur, Anda dapat menaburkan sedikit baking soda pada halaman buku. Lalu, simpanlah di tempat terbuka dan biarkan beberapa hari. Jika bau sudah mulai menghilang, Anda bisa menyimpannya kembali di rak buku dan jangan lupa untuk membersihkan taburan baking soda.

Selain itu, cabai merah juga dapat menghilangkan bau dan menghindari tumbuhnya jamur. Cukup simpan cabai merah kering pada halaman buku, maka jamur tidak akan datang dan bau pun akan tetap netral. (haf)***

Sumber: Liputan6.com

Respon (88)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *