5 Cara Mendidik Anak Remaja untuk Tumbuh Dewasa

9. Cara Mendidik Anak Remaja Untuk Tumbuh Dewasa yang Lebih Baik ucsfbenioffchildrens.org
Ilustrasi cara mendidik anak remaja untuk tumbuh dewasa, (Foto: Istimewa).

ZONALITERASI.ID – Cara mendidik anak remaja yang mulai beranjak dewasa memang tidak gampang. Namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan orangtua. Dengan menggunakan cara yang tepat, akan membuat anak menjadi pribadi yang baik di masa yang akan datang. Meski untuk menaklukkan masa remaja memang butuh pendampingan orangtua dengan didikan yang benar dan tepat.

Cara Mendidik Anak Remaja

Masa remaja merupakan masa dimana anak mulai mencari jati diri dan mencoba hal baru, bahkan terkadang anak melakukan pemberontakan dengan kenakalan mereka. Nah, untuk anda sebagai orangtua anak remaja menginginkan anak tumbuh dan berkembang dengan karakter yang kuat dan baik, maka perlu tahu cara mendidik anak remaja.

5 Cara Mendidik Anak Remaja
Ilustrasi remaja muslimah, (Foto: Shutterstock).

Bebas Bersosialisasi

Saat masa remaja dimasuki, maka anak akan mulai mengeksplorasi lingkungannya. Dengan lebih banyak bermain bersama temannya, baik teman bermain maupun teman sekolahnya daripada berkumpul dengan keluarga. Apabila anak remaja anda dalam masa ini, maka tidak perlu takut dan cemas.

Biarkan anak bersosialisasi dengan lingkungan. Namun kebebasan yang orangtua berikan tentu jika sosialisasi anak masih dengan dampak yang positif dan tidak merugikan untuk anak tersebut. Misalnya membebaskan anak untuk mengambil ekstrakurikuler serta aktivitas lingkungan rumah. Dengan demikian, anak akan memahami lingkungan mereka dengan baik namun dalam pengawasan orangtua.

Nantinya dengan ini anak akan belajar untuk melatih kemandirian, kepemimpinan, sampai cara mengambil keputusan apabila mereka terkena masalah. Meski orangtua tahu jika anak sedang dalam masalah, namun selama anak belum meminta bantuan biarkan mereka mandiri dalam mengambil keputusan dan bertanggung jawab dengan masalah mereka.

Orangtua Sebagai Teman

Kadang kala anak yang memasuki usia remaja akan menjauhkan diri dari orangtuanya. Hal ini karena anak sering menganggap jika memiliki pandangan yang berbeda dengan orangtuanya. Sehingga mereka lebih nyaman bersama teman daripada orangtuanya. Hal ini sangat wajar sekali karena memang usia orangtua dan anak yang berbeda jauh, tentu menjadi perbedaan sering terjadi. Ini menjadi salah satu cara mendidik anak remaja yang baik.

Namun sebagai orangtua yang baik dan ingin mendidik anak remajanya menjadi lebih baik, maka bisa dengan memasuki dunia anak. Dengan demikian, orangtua bisa memahami dan mempelajari tren psikologis anak. Tentu saja ini akan memudahkan anda untuk mendidik anak remaja. Nah, untuk lebih tepatnya agar tidak ada jarak dengan anak, maka buat orangtua sebagai teman bagi anaknya.

Dengan menjadi temannya, nantinya anak akan merasa nyaman dan dicari anak untuk berkeluh kesah. Sehingga anda bisa melakukan pemantauan dengan lebih baik ketika anak sudah memberikan kepercayaan kepada orangtuanya untuk berbagi yang anak rasakan.

Usahakan untuk memberi masukan yang baik ketika mereka membutuhkan masukan, namun dengan bahasa yang tidak terkesan menggurui. Manfaat lainnya dengan menjadi temannya adalah orangtua akan lebih memiliki waktu untuk bersama anaknya yang mulai tumbuh dewasa.

Berikan Tanggung Jawab dan Kepercayaan

Cara mendidik anak remaja adalah peran orangtua dalam perkembangan anak untuk mengarahkan anak pada kemauan dan minatnya. Berikan kebebasan untuk anak mencoba hal baru dan memutuskan untuk dirinya sendiri. Sehingga anak akan merasa diberi kepercayaan dan tanggung jawab dengan bisa menentukan pilihannya sendiri.

Mereka akan lebih mandiri dalam menjalankan keputusan pastinya. Hal ini akan bermanfaat ketika mereka tumbuh menjadi dewasa. Selain itu, dengan memberikan kepercayaan dan rasa tanggung jawab, tentunya orangtua juga memberikan rambu-rambu untuk mereka tidak lewati.

Misalnya saja anak boleh bermain dengan temannya, namun dengan menentukan jam pulangnya yang tidak sampai malam. Berikan pula mereka tanggung jawab untuk pulang tepat waktu. Cara mendidik anak remaja ini lebih efektif untuk orangtua lakukan.

Pendapat Anak

Sebagai orangtua, terkadang memiliki pemikiran yang berbeda dengan anak karena orangtua merasa tahu yang terbaik untuk anak. Namun hal tersebut justru tanpa Anda sadari membuat Anda memaksakan kepada anak. Hal ini akan membuat anak menjadi tertekan dan tidak nyaman. Dengan merasa seperti ini, akan membuat anak melampiaskan kenakalan mereka.

Sebaiknya sebagai orangtua yang baik, bisa membiarkan anak mengeluarkan apa yang menjadi pendapatnya. Sebagai orangtua, hargai pula yang menjadi pendapat anak. Dengan cara seperti ini, anak akan lebih memahami dan menghormati orangtua. Sehingga hubungan orangtua dan anak akan tetap harmonis.

Lebih baik jangan menentukan masa depan anak, namun arahkan dengan memberikan kebebasan dan menghargai minat mereka pada suatu hal. Seperti ini akan membuat anak nyaman dan melakukan apa yang menjadi pendapatnya dengan baik.

Pendidikan Agama

Agama menjadi sangat penting dalam sebuah keluarga. Untuk itu, terapkan pendidikan agama dari kecil untuk membuat anak tidak terjerumus dalam pergaulan yang tidak baik. Pendidikan agama merupakan fondasi kuat untuk membentuk karakter anak dari kecil. Cara mendidik anak remaja bisa dengan pendidikan agama yang kuat dari orangtua sejak dini. (pon)***

Respon (23)

  1. I have been browsing on-line greater than 3 hours as of late, but I by no means found any attention-grabbing article like yours. It is beautiful value sufficient for me. In my view, if all site owners and bloggers made good content material as you probably did, the internet will be much more useful than ever before.

  2. Usually I do not learn article on blogs, but I would like to say that this write-up very pressured me to try and do so! Your writing taste has been surprised me. Thanks, quite nice article.

  3. Attractive component of content. I just stumbled upon your site and in accession capital to say that I get in fact enjoyed account your weblog posts. Any way I will be subscribing for your feeds and even I success you access constantly quickly.

  4. I would like to thank you for the efforts you have put in writing this blog. I’m hoping the same high-grade website post from you in the upcoming as well. Actually your creative writing skills has inspired me to get my own web site now. Actually the blogging is spreading its wings rapidly. Your write up is a great example of it.

  5. Can I simply say what a reduction to find somebody who actually knows what theyre speaking about on the internet. You undoubtedly know how to carry a problem to mild and make it important. Extra individuals need to learn this and perceive this facet of the story. I cant imagine youre not more widespread because you positively have the gift.

  6. of course like your website however you need to take a look at the spelling on several of your posts. Several of them are rife with spelling issues and I to find it very troublesome to inform the truth nevertheless I¦ll certainly come back again.

  7. Wow, fantastic blog format! How long have you ever been running a blog for? you made blogging glance easy. The full glance of your website is great, let alone the content material!

  8. Just want to say your article is as astonishing. The clarity in your post is simply great and i can assume you are an expert on this subject. Fine with your permission allow me to grab your feed to keep up to date with forthcoming post. Thanks a million and please keep up the gratifying work.

  9. Some truly superb information, Sword lily I discovered this. “The problem with any unwritten law is that you don’t know where to go to erase it.” by Glaser and Way.

  10. Hello, Neat post. There’s an issue with your web site in web explorer, may check thisK IE nonetheless is the marketplace leader and a good section of folks will leave out your wonderful writing because of this problem.

  11. Thanks for every other fantastic post. Where else may anybody get that type of information in such a perfect method of writing? I have a presentation next week, and I’m on the look for such info.

  12. Fascinating blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere? A theme like yours with a few simple tweeks would really make my blog shine. Please let me know where you got your theme. Kudos

  13. An interesting discussion is worth comment. I think that you should write more on this topic, it might not be a taboo subject but generally people are not enough to speak on such topics. To the next. Cheers

  14. Good post. I learn one thing more difficult on completely different blogs everyday. It will always be stimulating to learn content from other writers and practice a bit one thing from their store. I’d favor to make use of some with the content on my blog whether or not you don’t mind. Natually I’ll give you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  15. Hi, Neat post. There is a problem with your site in web explorer, may test this?K IE still is the marketplace leader and a huge component of other people will leave out your wonderful writing due to this problem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *