Cara Mendidik Anak Perempuan Usia 2 Tahun

8. Cara Mendidik Anak Perempuan Usia 2 Tahun Menurut Islam yang Baik pinterest.com
Ilustrasi cara mendidik anak perempuan usia 2 tahun, (Foto: Istimewa).

ZONALITERASI.ID – Cara mendidik anak perempuan usia 2 tahun menurut Islam penting untuk dipahami dan dipraktekkan. Anak merupakan karunia terindah bagi setiap pasangan. Anak juga menjadi salah satu titipan Allah SWT. Karena alasan inilah mengapa setiap orang tua harus selalu bersyukur, menjaga, dan mendidiknya dengan baik. Mendidik anak perempuan dan laki-laki pun tak sama.

Anak perempuan memiliki keutamaan yang berbeda daripada laki-laki. Karena perempuanlah yang mampu memberikan generasi penerus bangsa yang cerdas. Masih banyak alasan mengapa cara mendidik antara anak laki-laki dan perempuan berbeda. Sebagai orang tua tentunya menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Maka dari itu, alangkah sebaiknya mendidik anak sejak dini. Hal ini bertujuan agar anak bisa hidup lebih baik menurut ajaran agama dan orang tuanya.

Cara Mendidik Anak Perempuan Usia 2 Tahun Menurut Islam

Sebenarnya memiliki anak perempuan dan laki-laki itu sama saja. Keduanya menjadi anugerah terindah yang dititipkan Allah SWT. Mendidik anak pun bisa dilakukan orang tua dengan mudah menurut ajaran Islam. Dengan memberikan contoh yang baik, anak-anak akan meniru dari yang didengar dan dilihatnya. Dari sinilah anak-akan mudah memperoleh pelajaran.

Namun, mendidik anak perempuan memang lebih diperhatikan daripada mendidik anak laki-laki. Banyak alasan yang bisa mendasari akan hal ini. Bahkan dengan memiliki anak perempuan, orang tua akan terhindar dari api neraka. Hal ini bisa terjadi asalkan orang tua bisa mendidik dan membesarkan anak menjadi wanita sholihah.

Berikut ini ada beberapa cara mendidik anak perempuan usia 2 tahun menurut Islam. Simak ulasannya:

Mengajarkan Ilmu Tauhid

Cara mendidik anak yang pertama yaitu mengajarkan ilmu tauhid atau mengenal Allah. Berikan pengetahuan jika Allah SWT adalah Tuhan yang menciptakan manusia. Selain itu, ajarkan juga pada anak untuk sering mengucap Lailaha illaallah dan Muhammadarrasullullah untuk mengucapkannya berulang.

Dengan sering mengucapkan hal ini, anak perempuan akan mudah untuk mengingatnya. Seperti yang sudah dijelaskan pada sabda Rasullullah SAW yang isinya “Bukalah lidah anak-anak kalian dengan kalimat “Lailaha-illaallah”. Ketika hendak meninggal dunia pun, maka bacakanlah, “Lailaha-illallah”. Alasan inilah mengapa anda harus bisa mengajarkannya sejak awal.

Beri Panggilan yang Baik

Anak perempuan berusia 2 tahun belum bisa mengingat lebih banyak. Sebaiknya berikan pendidikan dengan cara membuat nama panggilan yang baik. Sebaiknya memilih nama untuk anak anda juga perlu tahu artinya. Dengan begitu, panggilan yang keluar pun akan menjadi do’a. Panggilan nama anak yang memiliki artian baik akan tersemayam pada sifat dari anak itu sendiri.

Berikan Contoh Tindakan

Berbeda jika mengajari pada anak yang sudah berusia dewasa. Cara mendidik anak perempuan usia 2 tahun dalam Islam perlu lebih hati-hati. Karena tidak bisa diajarkan melalui perkataan, sebaiknya beri contoh dengan perbuatan. Misalnya saja untuk sering ikut anda ajak ke masjid.

Dengan mengenalkan rumah Allah, maka anak akan terbiasa. Anak juga bisa merasakan aura kesejukan saat berada di masjid. Selain itu, disini anda juga bisa mengajarkan praktek sholat kepada anak. Ajarkan gerakan sederhana yang mudah dimengerti. Hal ini mengibaratkan anda adalah role model anak sehingga perkataan dan perbuatan harus dijaga dengan baik. Tak lain bertujuan agar anak mencontoh hal yang baik pula.

Bicara Halus

Anak kecil sebenarnya masih kurang faham dengan berbagai hal yang dilakukan orang tuanya. Maka dari itu, sebaiknya hindari kata-kata kasar dan membentak. Didik anak dengan cara lemah lembut dan rasa kasih sayang. Jika anda sering membentak dan berkata kasar, justru dampak buruk bisa menghampiri anak-anak.
Memorinya cukup tajam sehingga jika sering dilihat dan didengar akan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Jika anak berbuat kesalahan, sebaiknya ingatkan dengan cara menegurnya dengan lemah lembut. Berikan kalimat santun agar anak tidak takut bahkan trauma.

Ajarkan Ilmu Agama

Mengajarkan ilmu agama bagi anak-anak menjadi hal yang wajib. Disini yang dimaksud ilmu agama yaitu mengajarkannya untuk shalat, puasa, bahkan membaca Al-Qur’an atau mengaji. Sebaiknya ajarkan anak tentang agama sejak dini.

Ajarkan secara bertahap ajaran agama yang wajib untuk dilakukan. Biasakan juga untuk mengajari anak berdo’a sebelum dan sesudah melakukan aktivitas apapun. Meski usianya baru 2 tahun, namun anak-anak bisa mengerti dan tahu kebiasaan baik orang tuanya. Anda bisa mengajarinya melalui perbuatan sehari-hari.

Ajak Berbicara

Mengajak anak berbicara mungkin menjadi hal sepele. Namun, ini juga bisa menjadi salah satu cara mendidik anak perempuan usia 2 tahun menurut Islam. Cara ini bisa anda lakukan untuk melatih anak dalam berkomunikasi. Ajarkan kalimat yang baik dan sopan agar anak terbiasa bicara seperti yang diajarkan. Cara ini juga bisa membantu anak berbicara lebih lancar.

Tunjukkan Kasih Sayang

Anak berusia 2 tahun sangat membutuhkan kasih sayang. Kasih sayang menjadi barang paling mahal dan tidak bisa digantikan. Dengan adanya kasih sayang, anak akan merasa nyaman. Kebutuhan ini cukup tinggi bagi anak dengan usia 2 tahun.

Menanamkan Akhlak Mulia

Pada dasarnya, manusia terlahir dengan makhluk yang baik. Anda bisa membuat buah hati menjadi orang baik. Asalkan anda bisa mendidiknya sejak kecil dengan hal-hal yang baik pula. Tanamkan akhlak mulia agar bisa menjadi bekal anak terhadap sesama manusia.
Anda bisa mengajarkan untuk hormat pada orang tua, berkata lemah lembut, jujur, suka menolong, dan santun. Terapkan cara mendidik anak perempuan usia 2 tahun menurut Islam agar bisa tumbuh berkembang sesuai ajaran yang benar. (pon)***

Respon (65)

  1. Dengan melakukan ini, anak2 menjadi terbiasa dengan kegiatan-kegiatan keagamaan dan ini akan menjadi lebih mudah untuk diajarkan di kemudian hari. So, terimakasih banyak ilmu nya

  2. I beloved as much as you will obtain carried out proper here. The sketch is tasteful, your authored subject matter stylish. nonetheless, you command get got an edginess over that you want be handing over the following. in poor health surely come more before again as exactly the similar nearly very frequently inside of case you protect this increase.

  3. I’ve recently started a site, the information you provide on this website has helped me greatly. Thank you for all of your time & work. “If you see a snake, just kill it. Don’t appoint a committee on snakes.” by H. Ross Perot.

  4. Thank you for the good writeup. It in fact was a amusement account it. Look advanced to far added agreeable from you! However, how can we communicate?

  5. Hey this is somewhat of off topic but I was wanting to know if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding skills so I wanted to get advice from someone with experience. Any help would be greatly appreciated!

  6. Восприятие нарушения. Значение цвета в
    жизни человека. Теста. У животных есть
    психика. Девиз наполеона. Смотреть онлайн воспоминания 2021 бесплатно в
    хорошем качестве.

  7. reggionotizie.com
    노인은 더 이상 참을 수 없었고 정신이 멍해져서 기절할 뻔했습니다.닝보의 희생자들은 재앙에서 살아남기 위해 이 큰 노란색 까악까치에 의존할 수 있습니다.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *